NILAI-NILAI RELIGIUS DALAM FILM “CHILDREN OF HEAVEN” (Analisis Semiotik Film Children of Heaven Karya Majid Majidi)

IsnurHidayati, (2015) NILAI-NILAI RELIGIUS DALAM FILM “CHILDREN OF HEAVEN” (Analisis Semiotik Film Children of Heaven Karya Majid Majidi). Diploma atau S1 thesis, IAIN SMH Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
SKRIPSI_ISNUR HD 113300209.pdf

Download (5MB) | Pra Tinjau

Abstrak

Film adalah karya cipta seni dan budaya yang merupakan media komunikasi massa bersifat audio visual yang diproduksi untuk dipertunjukan atau dipertontonkan di televise dan gedung-gedung bioskop. Film dapat memerankan dirinya sebagai saluran menarik untuk menyampaikan pesan-pesan tertentu kepada khalayak umum melalui ceritanya,termasuk pesan-pesan atau nilai-nilai Religius (Islam). Film Children of Heaven memiliki nilai-nilai religius (Islam) dalam jalan ceritanya. Nilai religius adalah nilai ketaatan kepada agama. Penggambaran nilai religius dapat dimaknai sebagai penggambaran nilai yang berhubungan dengan Tuhan sebagai pencipta alam semesta. Berdasarkan latarbelakang diatas maka rumusan masalah dalam penelitian iniadalah: 1) bagaimana latar belakang film Children of Heaven?, 2) bagaimana nilai-nilai religius yang terkandung dalam film Children of Heaven?, 3) bagaimana gaya penyampaian pesan nilai religius dalam film Children of Heaven?. Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui : 1) latar belakang film Children of Heaven, 2) nilainilai religius yang terdapat dalam film Children of Heaven, 3) gaya penyampaian pesan nilai religius dalam film Children of Heaven. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan semiotik Ferdinand de Saussure, yaitu penelitian dengan menggunakan tanda atau symbol yang dibagi ke dalam dua bagian yaitu penanda (signifier) dan pertanda (signified).Sedangkan tehnik pengumpulan datanya menggunakan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa film drama Children of Heaven merupakan film Iran yang mengangkat sebuah kisah sederhana tentang kemiskinan tanpa harus dipenuhi kemuraman. Nilai-nilai Religius (Islam) yang terkandung adalah nilaiAqidah (keimanan), Syari’ah (ibadah) dan Akhlak (tingkah laku). Gaya penyampaian nilainilai tersebut disampaikan dengan bahasa yang mudah dimengerti,logis, dan lembut melalui adegan-adegan dan dialog-dialog dalam cerita film tersebut.Sehingga tercapainya kemantapan nilai-nilai ketuhanan dengan cara lisan maupun perbuatan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Komunikasi, Media Komunikasi
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 301 Sosiologi & antropologi
300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 302 Interaksi sosial
Divisi: Fakultas Ushuluddin, Dakwah Dan Adab > Komunikasi Dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 09 Mar 2017 12:34
Perubahan Terakhir: 09 Mar 2017 12:34
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/134

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.