Strategi Komunikasi Ustadz kepada Santri dalam Meningkatkan Kedisplinan Hafalan Al-Qur’an Santri (Studi di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Badar 2)

Rido, Muhamad Rosid (2023) Strategi Komunikasi Ustadz kepada Santri dalam Meningkatkan Kedisplinan Hafalan Al-Qur’an Santri (Studi di Pondok Pesantren Tahfidz Al-Badar 2). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_143300552_Cover.pdf

Download (295kB)
[img] Teks
S_KPI_143300552_Lampiran Depan.pdf

Download (778kB)
[img] Teks
S_KPI_143300552_BAB I.pdf

Download (159kB)
[img] Teks
S_KPI_143300552_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (449kB)
[img] Teks
S_KPI_143300552_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (259kB)
[img] Teks
S_KPI_143300552_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (227kB)
[img] Teks
S_KPI_143300552_BAB V.pdf

Download (102kB)
[img] Teks
S_KPI_143300552_Daftar Pustaka.pdf

Download (147kB)

Abstrak

Strategi merupakan rangkaian atau planning yang di rancang atau di buat ustadz kepada santri, agar apa yang telah disiapkan untuk di ajarkan dapat di terima dengan baik oleh santri, komunikasi adalah jembatan penghubung antara ustadz dan santri agar apa yang di rancang apa yang akan di sampaikan dapat terealisasikan dengan baik dan mendapatkan hasil yang baik. Komuniasi selalu menjadi bagian yang tak terpisahkan dari interaksi sosial, Interasi sosial bisa berupa intraksi ekonomi, interaksi politik dan interaksi edukatif. Pada setiap interaksi itu tentu akan terjadi komunikasi, baik komunikasi verbal maupun komunikasi nonverbal. Berdasarkan latar belakang diatas maka penulis merumuskan masalah sebagai berikut: 1). Bagaimana Strategi komunikasi Ustadz dengan santri dalam Meningkatkan kedisiplinan menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren SMP AL- Badar 2). Faktor apa sajakah yang menghambat dan mendukung dalam komunikasi antara Ustadz dengan Santi dalam meningkatkan kedisiplinan hafalan santri? 3). Upaya yang di lakukan oleh ustadz untuk meningkatkan kedisplinan hafalan Al- Qur’an santri. Dalam skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode penelitian kualitatif didefinisikan sebagai metode penelitian ilmu-ilmu sosial yang mengumpulkan dan menganalisis data berupa kata-kata (lisan maupun tulisan) dan perbuatan-perbuatan manusia serta peneliti tidak berusaha menghitung atau mengkuantifikasikan data kualitatif yang telah diperoleh dan dengan demikian tidak menganalisis angka-angka. Berdasarkan penelitan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: Pendekatan komunikasi yang di lakukan seorang ustadz kepada santri agar materi yang disampaikan dapat di terima dan di serap oleh para santri adalah dengan cara harus mengetahui karakter dan mengetahui psikologis dari setiap santri yang di ajarkan. Sesuai dari teori Miller dan Staibreg proses komunikasi yang di lakukan oleh ustadz dengan santri di pondok pesantren Tahfid Al-Badar menerapkan komunikasi antar pribadi melalui pendekatan secara psikologis. Dengan memahami dan mengerti keadaan psikologis dari setiap santrinya, seorang ustadz dapat lebih mudah membuat sebuah hubungan dengan santri menjadi lebih akrab dan cair sehingga dengan begitu, memberikan metode pendekatan terhadap santri dapat terealisasikan dan efektif sekali serta kedekatan tersebut dapat berimplikasi terhadap semangat dan motivasi.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.21 Fungsionaris da’wah, wali, ulama, kiai, dai
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 04 Okt 2023 04:50
Perubahan Terakhir: 01 Apr 2024 02:58
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13384

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.