Optimalisasi Peran Pengajian Terhadap Kehidupan Moralitas Sosial masyarakat (Studi Kasus Musholla Bani Rais Kp Karang Kayen Terumbu Kecamatan Kasemen Kota Serang)

Mubasyir, Ahmad (2023) Optimalisasi Peran Pengajian Terhadap Kehidupan Moralitas Sosial masyarakat (Studi Kasus Musholla Bani Rais Kp Karang Kayen Terumbu Kecamatan Kasemen Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_191510104_Cover.pdf

Download (202kB)
[img] Teks
S_KPI_191510104_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_KPI_191510104_BAB I.pdf

Download (536kB)
[img] Teks
S_KPI_191510104_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (676kB)
[img] Teks
S_KPI_191510104_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (216kB)
[img] Teks
S_KPI_191510104_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_KPI_191510104_BAB V.pdf

Download (207kB)
[img] Teks
S_KPI_191510104_Daftar Pustaka.pdf

Download (889kB)

Abstrak

Secara bahasa kata pengajian berasal dari kata “kaji” yang berarti pengajaran (agama Islam) menanamkan norma agama melalui dakwah. Kata pe ngajian itu terbentuk dengan adanya awalan “pe” dan akhiran “an” yang memiliki dua pengertian: pertama sebagai kata kerja yang berarti pengajaran yakni pengajaran ilmu ilmu agama Islam, dan kedua sebagai kata benda yang menyatakan tempat yaitu tempat untuk melaksanakan pengajaran agama Islam yang dalam pemakaiannya banyak istilah yang digunakan, seperti pada masyarakat sekarang dikenal dengan majelis ta‟lim. Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1 ) Bagaimana pr oses pelaksanaan pengajian di musholla bani rais kp karang kayen terumbu? 2 ) Apa peran pengajian terhadap kehidupan moralitas sosial masyarakat kp karang kayen terumbu? 3 ) Apa faktor pendukung dan penghambat pengajian terhadap kehidupan moralitas sosial ma syarakat di musholla bani rais kp karang kayen terumbu? Penelitian ini bertujuan: 1 ) Untuk mengetahui Bagaimana proses pelaksanaan pengajian di musholla bani rais kp karang kayen terumbu. 2 ) Untuk mengetahui Apa peran pengajian terhadap kehidupan moralitas sosial masyarakat kp karang kayen terumbu. 3 ) Untuk mengetahui Apa faktor pendukung dan penghambat pengajian terhadap kehidupan moralitas sosial masyarakat di musholla bani rais kp karang kayen terumbu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif denga n pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah Ustadz dan Jama’ah pengajian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah; observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan pada bulan April sa mpai dengan bulan Juni 2023 , dengan jumlah responden dalam penelitian ini yaitu 4 orang terdiri dari Ustadz, pengurus dan jama’ah pengajian. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan: 1 ) Proses pengajian di musholla bani rais di lakukan dari menyiapkan tempat oleh pengurus, pembacaan sholatwat oleh jama’ah, di awali dengan muqodimah dan pembacaan hadorot nabi, membaca bersama dan ceramah, proses Tanya jawab, demontrasi dan juga pemberian hafalan. 2 ) Peran pengajian terhadap kehidupan moralitas sosial masyarakat yang bisa dirasakan adalah bisa bersosialisasi dengan baik, bisa belajar bagaimana berbakti kepada suami, dan juga bisa mengontrol antara memenuhi kebutuhan dan nafsu sesuai syariat islam. 3 ) Faktor pendukung dalam kegiatan pengajian sen diri adalah pemberian contoh atau demontrasi, keaktifan jama’ah, juga sosok dari ustadz atau pmbimbing, adapun faktor penghambatnya adalah penghambat ekternal dan penghambat internal dari jama’ah pengajian itu sendiri.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Optimalisasi, Pengajian, Moralitas Sosial
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.22 Masyarakat da’wah
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 04 Okt 2023 03:56
Perubahan Terakhir: 01 Apr 2024 02:45
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13379

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.