Peranan K.H Memed Zaenal Abidin Dalam Mengembangkan Pondok Pesantren Nurul Huda Cikadueun Tahun 1958 2019 M

Haflah, Lela Siti (2023) Peranan K.H Memed Zaenal Abidin Dalam Mengembangkan Pondok Pesantren Nurul Huda Cikadueun Tahun 1958 2019 M. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_SPI_191350034_Cover.pdf

Download (107kB)
[img] Teks
S_SPI_191350034_Lampiran Depan.pdf

Download (515kB)
[img] Teks
S_SPI_191350034_BAB I.pdf

Download (266kB)
[img] Teks
S_SPI_191350034_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (496kB)
[img] Teks
S_SPI_191350034_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (553kB)
[img] Teks
S_SPI_191350034_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (325kB)
[img] Teks
S_SPI_191350034_BAB V.pdf

Download (167kB)
[img] Teks
S_SPI_191350034_Daftar Pustaka.pdf

Download (239kB)

Abstrak

Pesantren merupakan sebuah Lembaga yang didalamnya terdapat santri yang menuntut ilmu agama. Pesantren bukan hanya menekankan misi pendidikan melainkan juga dakwah kepada masyarakat. Pesantren dipimpin oleh seorang kiyai, kiyai merupakan elemen paling esensial dari sebuah pesantren. Keteladanan kiyai juga sangat berpengaruh pada lingkungan pesantren dan masyarakat sekitar pesantren, agar kiyai mampu menyelesaikan persoalan persoalan yang dihadapi oleh masyarakatnya. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: ( 1 ) Bagaimana Riwayat Hidup K.H. Memed?, ( 2 ) Bagaimana Sejarah Berdirinya Pondok Pesantren Nurul Huda?, ( 3 ) Bagaiamana Peran K.H. Memed Dalam Mengembangkan Pondok Pesantren Nurul Huda tahun 1958 2019 M?. Adapun tujuan penelitian ini adalah: ( 1 ) Untuk Mengetahui Riwayat Hidup K.H. Memed, ( 2 ) Untuk Mengetahui Sejarah Berdirinya Pondok Pesantren Nurul Huda, ( 3 ) Untuk Mengetahui Peran K.H. Memed Dalam Mengembangkan Pondok Pesantren Nurul Huda Cikaduen Tahun 1958 2019 M. Metode yang digun akan dalam penelitian ini adalah metode penelitian sejarah, melalui beberapa tahapan yaitu: Heuristik (pengumpulan sumber), Verifikasi (kritik), Interpretasi (Penafsiran), dan Historigrafi (penulisan). Dari hasil penelitian lapangan, penulis dapat menarik beberapa kesimpulan yaitu: Pertama, K.H. Memed adalah pendiri Pondok Pesantren Nurul Huda beserta temannya yang bernama Abuya Damanhuri dan K.H. Hasbullah. Namun, kepemimpinan Pondok Pesantren Nurul Huda dipimpin penuh oleh K.H Memed. K.H. Memed semasa ke cil selalu belajar kepada ayahnya yang seorang Abuya bernama Abuya Isa, setelah baligh K.H. Memed dimasukan ke Pondok Pesantren yang dipimpin oleh Abuya Tb Abdul Halim yang berada di Kadu Peusing. Perkembangan yang dilakukan oleh K.H Memed yaitu memberikan identias terhadap pondok pesantren, membangun sarana prasarana, mendirikan madrasah Nurul Huda serta beberapa metode baru yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan santri dalam mengaji kitab kuning.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Kata Kunci: K.H. Memed, Pesantren, Perkembangan, Pera n
Subjek: 2x9 Sejarah Islam dan Modernisasi > 2x9.9 Aspek sejarah lainnya
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Sejarah Dan Kebudayaan Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 03 Okt 2023 01:49
Perubahan Terakhir: 03 Okt 2023 01:49
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13354

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.