Sejarah Masuk dan Berkembangnya Tarekat Rifaiyah di Banten (Studi Teks Silsilah Tarekat Rifaiyah dari Pulo, Serang Banten)

Riyadhillah, Riyadhillah (2023) Sejarah Masuk dan Berkembangnya Tarekat Rifaiyah di Banten (Studi Teks Silsilah Tarekat Rifaiyah dari Pulo, Serang Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PAI_191350046_Cover.pdf

Download (95kB)
[img] Teks
S_PAI_191350046_Lampiran Depan.pdf

Download (273kB)
[img] Teks
S_PAI_191350046_BAB I.pdf

Download (292kB)
[img] Teks
S_PAI_191350046_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (484kB)
[img] Teks
S_PAI_191350046_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_PAI_191350046_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (321kB)
[img] Teks
S_PAI_191350046_BAB V.pdf

Download (160kB)
[img] Teks
S_PAI_191350046_Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Tarekat Rifaiyah merupakan salah satu tarekat yang menyandang gelar mu’tabarah di Indonesia. Di Banten tarekat ini masuk melalui Aceh secara langsung, dan Arab oleh Syekh Abdullah bin Abdul Qohar. Namun tidak diketahui siapa guru yang mengijazahkan tarekat kepada Syekh Abdullah bin Abdul Qohar. Informasi mengenai hal ini ternyata terekam dalam teks naskah masa lalu berjudul Silsilah Tarekat Rifaiyah. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana identifikasi teks Silsilah Tarekat Rifaiyah dari Pulo, Serang Banten? 2. Bagaimana edisi teks dan terjemahan Silsilah Tarekat Rifaiyah dari Pulo, Serang Banten? 3. Bagaimana sejarah masuk dan berkembangnya tarekat Rifaiyah di Banten dalam teks Silsilah Tarekat Rifaiyah dari Pulo, Serang Banten?. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui identifikasi teks Silsilah Tarekat Rifaiyah dari Pulo, Serang Banten. 2.Untuk mengetahui edisi teks dan terjemahan Silsilah Tarekat Rifaiyah dari Pulo, Serang Banten. 3. Untuk mengetahui Silsilah Tarekat Rifaiyah di Banten berdasarkan teks Silsilah Tarekat Rifaiyah dari Pulo, Serang Banten. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode filologi yang meliputi: inventarisasi, deskripsi, transliterasi, suntingan, terjemahan dan kontekstualisasi. Berdasarkan pembahasan skripsi ini dapat disimpulkan bahwa naskah silsilah tarekat Rifaiyah merupakan naskah yang pertama membahas silsilah tarekat Rifaiyah di Banten. Terdapat beberapa kesalahan yang ditemukan yaitu omisi, substitusi, lakuna, adisi, ditografi, transposisi dan interpolasi. Tarekat Rifaiyah di Banten masuk melalui Syekh Abdullah bin Abdul Qohar dari Syaikh Muhammad bin Qosim, kemudian disebarkan hingga menurunkan murid-murid, dari murid-murid inilah tarekat Rifaiyah eksis di Banten.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Sejarah, Silsilah, Tarekat, Rifaiyah, Banten
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 301 Sosiologi & antropologi
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Sejarah Dan Kebudayaan Islam
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 02 Okt 2023 06:52
Perubahan Terakhir: 02 Okt 2023 06:52
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13350

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.