Azah, Dede Maulina (2023) Efektivitas Kegiatan Malam Bina Tahfidz (MABIT) Sebagai Pembinaan Hafalan Al-Qur’an Siswa Kelas VII Di SMP Negeri 5 Kota Serang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_191210146_Cover.pdf Download (159kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210146_Lampiran Depan.pdf Download (563kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210146_BAB I.pdf Download (307kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_191210146_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (370kB) |
||
Teks
S_PAI_191210146_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (227kB) |
||
Teks
S_PAI_191210146_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (345kB) |
||
|
Teks
S_PAI_191210146_BAB V.pdf Download (209kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210146_Daftar Pustaka.pdf Download (223kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah Efektivitas Kegiatan Malam Bina Tahfidz (MABIT) Sebagai Pembinaan Hafalan Al-Qur’an Siswa Kelas VII di SMP Negeri 5 Kota Serang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan: kegiatan mabit dilaksanakan yakni setiap satu bulan sekali pada akhir bulan (akhir pekan), bentuk pelaksanaannya yakni shalat berjama’ah, kultum, pelatihan muhadarah, muraja’ah hafalan, setoran hafalan, qiyamullail, dan tadabur alam. Pembinaan hafalan Al-Qur’an siswa sudah terbilang cukup baik setelah diadakannya kegiatan mabit, karena pada kegiatan ini pembinaan hafalan Al-Qur’an benar-benar dilakukan dengan sangat baik. Banyak waktu yang digunakan untuk fokus terhadap bacaan serta hafalan Al-Qur’an yang akan disetorkan kepada guru pembina hafalan. Keefektifan kegiatan mabit dapat dilihat dari kemampuan menghafal siswa yang bertambah jumlah hafalannya pada saat setelah mengikuti Mabit, adanya lembar penilaian berupa tabel hafalan yang berisi nama siswa, nama surat/juz, tajwid, makhroj, dan tartil untuk mengetahui sejauh mana hafalan Al-Qur’an yang disetorkan kepada guru. Metode menghafal Al-Qur’an yang digunakan ialah metode tahsin, metode tikrar, dan metode muraja’ah.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Kegiatan Malam Bina Tahfidz (MABIT), Hafalan Al-Qur’an |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 02 Okt 2023 03:47 |
Perubahan Terakhir: | 11 Jan 2024 02:38 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13345 |
Actions (login required)
Lihat Item |