Problematika Nuzūl Al-Qur’ān dalam Perspektif Ulama Tafsir (Studi Komparatif Antara Kitab Mabāḥiṡ fī ʽUlūm Al-Qur’ān Karya Al-Qaṭṭan dan Kitab At-Tibyān fī ʽUlūm Al-Qur’ān Karya Aṣ-Ṣābūnī)

Fadilah, Ripah (2023) Problematika Nuzūl Al-Qur’ān dalam Perspektif Ulama Tafsir (Studi Komparatif Antara Kitab Mabāḥiṡ fī ʽUlūm Al-Qur’ān Karya Al-Qaṭṭan dan Kitab At-Tibyān fī ʽUlūm Al-Qur’ān Karya Aṣ-Ṣābūnī). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_IAT_191320119_Cover.pdf

Download (226kB)
[img] Teks
S_IAT_191320119_Lampiran Depan.pdf

Download (765kB)
[img] Teks
S_IAT_191320119_BAB I.pdf

Download (468kB)
[img] Teks
S_IAT_191320119_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (424kB)
[img] Teks
S_IAT_191320119_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (453kB)
[img] Teks
S_IAT_191320119_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (655kB)
[img] Teks
S_IAT_191320119_BAB V.pdf

Download (216kB)
[img] Teks
S_IAT_191320119_Daftar Pustaka.pdf

Download (235kB)

Abstrak

Pada zaman yang semakin berkembang ini banyak umat Islam yang belum mengetahui terkait nuzūl Al-Qur‟ān. Bahkan tidak sedikit orang yang memperdebatkan perbedaan pendapat di kalangan tokoh ulama yang dijadikan sandaran, padahal setiap pendapat ulama itu berdasarkan dalil. Umat Islam harus meyakini adanya nuzūl Al-Qur’ān walaupun hal tersebut tidak dapat dipahami secara langsung oleh akal manusia, melainkan dengan iman di hati. Bahkan permasalahan terkait nuzūl Al-Qur‟ān ini masih terdapat perbedaan pendapat di kalangan ulama. Penelitian ini menggunakan jenis kepustakaan (library research), yaitu menggunakan kitab Mabāḥiṡ fī ʽUlūm Al-Qur’ān karya Al-Qaṭṭān dan kitab At-Tibyān fī ʽUlūm Al-Qur’ān Karya Aṣ-Ṣābūnī sebagai sumber primer. Sedangkan sumber sekundernya yaitu segala referensi yang berkaitan dengan penelitian baik berupa buku, jurnal, atau bahan pustaka lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan: 1. Bagaimana Problematika dalam Nuzūl Al-Qur’ān? 2. Bagaimana Problematika Nuzūl Al-Qur’ān dalam Perspektif Kitab Mabāḥiṡ fī ʽUlūm Al-Qur’ān karya Al-Qaṭṭān dan Kitab At-Tibyān fī ʽUlūm Al-Qur’ān Karya Aṣ-Ṣābūnī?. Hasil penelitian komparatif ini yaitu ditemukannya beberapa persamaan dan perbedaan di antara kitab Mabāḥiṡ fī ʽUlūm Al-Qur’ān karya Al-Qaṭṭān dan Kitab At-Tibyān fī ʽUlūm Al-Qur’ān Karya Aṣ-Ṣābūnī. Dua kitab ʽulūm Al-Qur’ān yang terlihat sama ini ternyata ditemukan pula perbedaan pendapat yaitu terkait waktu nuzūl dan ayat akhir nuzūl dengan berdasarkan dalil. Penelitian terkait nuzūl Al-Qur’ān ini membahas permasalahan dari proses, waktu, tempat, dan ayat awal-akhir yang diturunkan. Sehingga nantinya penelitian ini akan memberikan kemanfaatan untuk umat Islam dalam menyambut malam nuzūl Al-Qur‟ān tanpa memperdebatkan perbedaan waktunya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.3 Tafsir Al-Quran
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Alquran Dan Tafsir
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 25 Sep 2023 07:46
Perubahan Terakhir: 25 Sep 2023 07:46
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13305

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.