Takrar Kisah Nabi Sulaiman Dalam Al-Qur’an Perspektif Ali Ash-Shabuni Dalam Kitab Shafwah Al-Tafasir

Bustomi, Arif Yazid El (2023) Takrar Kisah Nabi Sulaiman Dalam Al-Qur’an Perspektif Ali Ash-Shabuni Dalam Kitab Shafwah Al-Tafasir. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_IAT_191320116_Cover.pdf

Download (187kB)
[img] Teks
S_IAT_191320116_Lampiran Depan.pdf

Download (918kB)
[img] Teks
S_IAT_191320116_BAB I.pdf

Download (460kB)
[img] Teks
S_IAT_191320116_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (509kB)
[img] Teks
S_IAT_191320116_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (647kB)
[img] Teks
S_IAT_191320116_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (559kB)
[img] Teks
S_IAT_191320116_BAB V.pdf

Download (306kB)
[img] Teks
S_IAT_191320116_Daftar Pustaka.pdf

Download (226kB)

Abstrak

Kisah Nabi Sulaiman merupakan salah satu kisah Nabi yang diterangkan dalam Al-Qur‟an. Al-Qur‟an sering kali berbicara dengan konteks yang diulang-ulang atau yang biasa disebut dengan takrar. Hal ini membuat cendekiawan muslim penasaran untuk meneliti. Sebelumnya sudah banyak jenis penelitian takrar (pengulangan) kisah para Nabi yang ada didalam Al-Qur‟an. Namun penulis belum menemukan takrar kisah Nabi Sulaiman yang ada didalam Al-Qur‟an perspektif Ali Ash-Shabuni dalam kitab Shafwah Al-Tafasir. Berangkat dari permasalahan di atas, penulis terdorong untuk mengkaji lebih lanjut tentang takrar kisah Nabi Sulaiman di dalam Al-Qur‟an perspektif Ali Ash-Shabuni dalam kitab Shafwah Al-Tafasir. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan sejarah (historys). Dalam penelitian ini, penulis mencoba menjawab permasalahan yang ada melalui studi pustaka (library research) dengan merujuk pada data primer dan sekunder. Sumber data primer yang penulis gunakan adalah Al-Qur`an dan terjemahnya, Buku-buku Ulumul Qur`an, dan Kitab-kitab Tafsir, salah satunya seperti kitab Shafwah Al-Tafasir sebagai rujukan utama. Sementara sumber data sekundernya adalah Kamus-kamus Al-Qur`an serta buku-buku yang berkaitan dengan pembahasan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif. Dari penelitian di atas dapat diketahui bahwa kisah Nabi Sulaiman dalam Al-Qur`an tidak dikisahkan secara kronologis dalam satu surat. Akan tetapi penulis merangkumnya dalam 5 surat dan 50 ayat yang menceritakan kisah Nabi Sulaiman, kemudian penulis mengklasifikasikan menjadi 17 tema. Dan dari tema-tema tersebut hanya ditemukan 3 tema yang terjadi takrar (pengulangan). Yaitu Nabi Sulaiman putera Nabi Daud, Nabi Sulaiman diberi mukjizat mampu menundukkan angin dan nabi Sulaiman diberi mukjizat mampu menundukkan jin. Setelah ditelaah lebih lanjut penulis menemukan bahwa takrar (pengulangan) yang terjadi memiliki perbedaan penjelasan tiap ayatnya. Tetapi jika digabungkan secara keseluruhan ayat kisah yang mengandung takrar (pengulangan) tidak begitu mencolok akan tetapi saling melengkapi, sehingga jika digabungkan dari keseluruhannya menjadi kesatuan kisah yang utuh.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Takrar, Kisah Nabi Sulaiman, Ali Ash-Shabuni
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.6 Cerita-cerita dari Al Quran
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Alquran Dan Tafsir
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 25 Sep 2023 06:35
Perubahan Terakhir: 25 Sep 2023 06:35
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13302

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.