Peranan Ushul Fiqh Dalam Memahami Al-Qur'an Di Era Kontemporer (Kajian Surah Al-Kautsar Study Tafsir Al-Mulk Karya Wahbah Az-Zuhaili)

Kuswari, Dadan (2023) Peranan Ushul Fiqh Dalam Memahami Al-Qur'an Di Era Kontemporer (Kajian Surah Al-Kautsar Study Tafsir Al-Mulk Karya Wahbah Az-Zuhaili). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_IAT_161320004_Cover.pdf

Download (392kB)
[img] Teks
S_IAT_161320004_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_IAT_161320004_BAB I.pdf

Download (688kB)
[img] Teks
S_IAT_161320004_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (541kB)
[img] Teks
S_IAT_161320004_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (548kB)
[img] Teks
S_IAT_161320004_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (853kB)
[img] Teks
S_IAT_161320004_BAB V.pdf

Download (287kB)
[img] Teks
S_IAT_161320004_Daftar Pustaka.pdf

Download (274kB)

Abstrak

Penelitian yang membahas tentang penafsiran Prof Wahbah Az-Zuhaili yang mana beliau ini seorang mufassir kontemporer, mengenai penafsiran beliau tentu telah banyak dilakukan oleh para peneliti sebelumnya, akan tetapi penulis memilah suatu penelitian yang membahas tentang penafsiran khusus penafsiran beliau yaitu pada Al-Qur’an surah Al-Kautsar ayat 1-3 yang dituangkan dalam judul peneliian PERANANAN USHUL FIQH DALAM MEMAHAMI AL-QUR’AN DI ERA KONTEMPORER (Kajian Surah Al-Kautsar Study tafsir Al-Munir karya Wahbah Az-Zuhaili. Rumusan masalah dapat dirumuskan sebagai berikut: 1. Bagaimana peran Ushul Fiqh dalam Al-Qur’an? 2. Bagaimana penafsiran surah al-Kautsar menurut Tafsir Al-Munir karya Wahbah Az-Zuhaili 3. Bagaimana peran ushul Fiqh dalam penafsiran Wahbah Az-Zuhaili Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui bagaimana peran Ushul Fiqh dalam Al-Qur’an. 2. Untuk mengetahui bagaimana penafsiran surah Al-Kautsar menurut Tafsir Al-Munir karya Wahbah Az-Zuhaili. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yakni menggunakan pendekatan dokumentasi. Sedangkan jenis penelitiannya menggunakan library research yakni, mengedepankan kajian pustaka dengan mengambil data-data tertulis dari buku, jurnal, kamus, maupun berbagai literatur yang terdapat di dalam perpustakaan. Lebih dari itu, penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berupa; ayat-ayat al-qur’an, penafsiran al-qur’an, al-hadits dan sunah Nabi, atsar sahabat, pendapat-pendapat para ulama, riwayat, pengertian bahasa, dan lafadz al-Qur’an, serta kaedah maupun teori ilmu pengetahuan. Teknik dalam pengumpulan datanya menggunakan sumber-sumber buku lalu disatukan dengan bantuan bermacam-macam materi, selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan metode kritik tafsir yaitu salah satu metode yang digunakan untuk mengkaji dan menganalisis teks Al-Qur'an dengan menggunakan pendekatan yang kritis dan sistematis agar dapat mengeksplorasi makna yang terkandung dalam teks Al-Qur'an dengan mempertimbangkan konteks historis, sosial, dan budaya di mana teks tersebut diturunkan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Ushul Fiqh, Tafsir, Al-Munīr
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.3 Tafsir Al-Quran
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Alquran Dan Tafsir
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 25 Sep 2023 04:48
Perubahan Terakhir: 25 Sep 2023 04:48
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13300

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.