DAKWAH MELALUI SMS (Studi Tentang Pesan Singkat SMS Tauhîd Pada Periode Maret 2015)

Latifah, Iip (2015) DAKWAH MELALUI SMS (Studi Tentang Pesan Singkat SMS Tauhîd Pada Periode Maret 2015). Diploma atau S1 thesis, IAIN SMH Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
cover.pdf

Download (70kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (108kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
SKRIPSI I-V.pdf

Download (333kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (43kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Dakwah merupakan kewajiban bagi setiap muslim, untuk mencapai dakwah yang efektif maka diperlukan media. Merebaknya media untuk saat ini seperti media elektronik dan online yang merupakan salah satu wujud era reformasi dan keterbukaan infomasi. Fungsi media itu sendiri untuk memberikan infomasi baik itu berupa nasihat, ajakan untuk melakukan kebai kan-kebaikan amar makruf dan nahi mungkar seperti pada SMS Tauhîd ini meupakan perusahaan berbasis dakwah Islam syi'ar agama Islam yang dibentuk KH. Abdullah Gymnastiar dan berdiri secara resmi pada tanggal 15 oktober 2011. SMS Tauhîd ini dengan melalui te knologi syi'ar agama Islam dapat disebarkan dalam layanan tausyiah gratis. Untuk mempermudah masyarakat mendapatkan ilmu serta asupan spiritual dari berbagai kalangan baik yang muda maupun yang tua. Dengan adanya SMS Tauhîd ini mengingatkan tentang kebaikan yang mesti dijalani dalam kehidupan sehari-harinya. Adapun yang menjadi perumusan masalah pada penelitian ini adalah sebagai berikut: 1. Apa yang melatarbelakangi SMS Tauhîd KH. Abdullah Gymnastiar?, 2. Bagaimana pesan dakwah SMS Tauhîd KH. Abdullah Gymn astiar?, 3. Bagaimana respon masyarakat terhadap pesan dakwah dengan KH. Abdullah Gymnastiar? Sedangkan tujuan ini adalah: 1. Untuk mengetahui latarbelakang pesan dakwah melalui SMS Tauhîd, 2. Untuk mengetahui pesan dakwah melalui SMS Tauhîd, dan 3. Untuk mengetahui bagaimana respon masyarakat terhadap pesan dakwah dengan melalui SMS Tauhîd. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode content analysis. Dan metode kualitatif deskriptif dengan wawancara yang berkaitan pesan dakwah dalam SMS Tauhîd kemudian mengkorelasikannya dengan QS. An-Nahl: 125 sebagai metode dakwah. Adapun upaya yang dilakukan SMS Tauhîd dalam pengembangan dakwah diantaranya adalah: 1). Untuk menyediakan beragam alternative akses bagi jamaah untuk mendapatkan ilmu Tauhîd dengan sarana yang paling akrab di masyarakat, 2). Memberikan pelayanan terbaik kepada jamaah untuk mendapatkan ilmu Tauhîd dengan harapan bisa diamalkan dalam kehidupan sehari -hari, 3). Juga mempermudah jamaah dalam mendapatkan ilmu Tauhîd melalui teknologi informasi, dan elektronik. Selain itu pesan dakwah melalui SMS Tauhîd ini mendapatkan respon dan tanggapan yang baik dari layanan SMS Tauhîd, baik dari kalangan muda maupun tua. Respon positif. Dari berbagai respon pastilah ada positif dan negatifnya. Respon positif nya yaitu dengan melalui SMS Tauhîd ini sangat baik, sangat membantu terutama orang sibuk dan membantu mengingatkan tentang kebaikan -kebaikan yang mesti dijalani sehingga lebih efisien dan efektif dalam menyampaikan syi'ar maupun nasihatnya, mengingatkan kepada Allah setiap harinya sedangkan sisi negatifnya dapat diacuhkan dengan sipenerima atau tidak diaplikasikandi dalam kehidupan seharinya.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Dakwah, Media Komunikasi
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam
Divisi: Fakultas Ushuluddin, Dakwah Dan Adab > Bimbingan Dan Konseling Islam
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 03 Mar 2017 03:01
Perubahan Terakhir: 06 Mar 2017 02:30
URI: http://repository.iainbanten.ac.id/id/eprint/133

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.