Tinjauan Hukum Islam Tentang Hutang Piutang Dengan Jaminan Kartu ATM (Studi kasus di Desa Langensari Kecamatan Saketi)

Fahrurozi, Rizki (2023) Tinjauan Hukum Islam Tentang Hutang Piutang Dengan Jaminan Kartu ATM (Studi kasus di Desa Langensari Kecamatan Saketi). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HES_191130029_Cover.pdf

Download (98kB)
[img] Teks
S_HES_191130029_Lampiran Depan.pdf

Download (742kB)
[img] Teks
S_HES_191130029_Bab I.pdf

Download (321kB)
[img] Teks
S_HES_191130029_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (196kB)
[img] Teks
S_HES_191130029_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (370kB)
[img] Teks
S_HES_191130029_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (203kB)
[img] Teks
S_HES_191130029_Bab V.pdf

Download (151kB)
[img] Teks
S_HES_191130029_Daftar Pustaka.pdf

Download (212kB)

Abstrak

Dalam fiqh Islam secara etimologi Qardh adalah memotong, sedangkan secara terminologis adalah menyerahkan harta sebagai bentuk kasih sayang kepada siapa saja yang akan memanfaatkannya dan akan dikembalikan berdasarkan kesepakatan yang telah disepakati. Tetapi dalam hal itu hutang piutang banyak yang menggunakan jaminan ATM seperti yang dilakukan masyarakat Desa langensari. Berdasarkan hal tersebut maka peneliti ingin mengkajinya secara mendalam tentang pelaksanaan pinjaman dengan jaminan yang di terapkan oleh masyarakat Desa Langensari adapun Rumusan Masalah yang melatar belakangi masalah hutang piutang dengan jaminan kartu ATM: 1) Bagaimana praktiknya hutang piutang dengan jaminan kartu ATM, 2) Bagaimana Pandangan hukum islam terhadap masyarakat Desa Langensari Kecamatan Saketi yang menggunakan jaminan kartu ATM. Tujuan penelitian ini yaitu bertujuan untuk mengetahui tata cara jaminan (ar-rahn) yang diterapkan oleh masyarakat Desa Langensari dan Untuk mengetahui pandangan Islam terhadap masyarakat Desa Langensari Kecamatan Saketi yang menggunakan jaminan kartu ATM. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif analisis. Dengan populasi 11 orang dan penulis mengambil keseluruhan populasi untuk dijadikan sampel dalam penelitian. Teknik pengumpulan datanya digunakan metode interview dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data yang digunakan metode analisis yang bersifat kualitatif dengan menggunakan pendekatan berpikir deduktif-induktif. Adapun hasil penelitian ini yaitu pelaksanaan jaminan (ar-rahn) pada masyarakat Desa Langensari yaitu debitur melakukan peminjaman dengan jumlah uang tertentu dengan membawa kartu ATM tersebut sebagai jaminannya, lalu pihak si debitur memberi tahu PIN atau kata sandi dari kartu ATM kepada pihak si kreditur. Dalam kegiatan bermuamalah kegiatan ini diperbolehkan karena kesepakatan yang dilakukan antara kedua belah pihak sesuai dengan akad sebelumnya dan tidak merugikan antara pihak yang terlibat dalam kegiatan ini. Dalam penjelasan maqasid syariah dalam jaminan utang piutang dengan menggunakan kartu ATM tidak terdapat kemaslahatan didalam nya karena sebelumnya kartu ATM itu adalah barang lain yang dapat dijadikan jaminan utang piutang selain kartu ATM.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Hukum Islam, Hutang Piutang, Kartu ATM
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.22 Pinjam meminjam
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 20 Sep 2023 04:17
Perubahan Terakhir: 20 Sep 2023 04:17
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13267

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.