Tinjauan Hukum Islam Terhadap Hukum Menerima Hadiah dalam Transaksi Akad Wadi’ah (Studi di Bank BSI Syari’ah KC Serang Kota Serang)

Pratiwi, Liana Megi (2023) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Hukum Menerima Hadiah dalam Transaksi Akad Wadi’ah (Studi di Bank BSI Syari’ah KC Serang Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HES_171130223_COVER.pdf

Download (279kB)
[img] Teks
S_HES_171130223_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_HES_171130223_BAB I.pdf

Download (837kB)
[img] Teks
S_HES_171130223_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (434kB)
[img] Teks
S_HES_171130223_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (920kB)
[img] Teks
S_HES_171130223_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (751kB)
[img] Teks
S_HES_171130223_BAB V.pdf

Download (354kB)
[img] Teks
S_HES_171130223_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (472kB)

Abstrak

Pemberian hadiah pada bank BSI Syari’ah KC Serang Kota Serang menjadi salah satu program yang diberikan kepada nasabah sebagai bentuk apresiasi bank BSI Syari’ah kepada nasabah karena telah menabung dan berkegiatan usaha di bank BSI Syari’ah dengan menggunakan akad Wadi’ah. Ketentuan akad Wadi’ah diatur dalam fatwa MUI No. 02/DSN-MUI/IV/2000, tentang tabungan menyatakan: “akad penghimpun dana menyalurkan dana bagi bank yang melaksakan kegiatan usaha berdasarkan prinsip Syariah.” Perumusan masalahnya adalah: 1. Bagaimana mekanisme akad Wadi’ah pada produk di bank BSI Syari’ah KC Serang Kota Serang? 2. Bagaimana Tinjauan Hukum Islam terhadap menerima hadiah di bank dalam akad Wadi’ah di bank BSI Syari’ah KC Serang? Tujuan penelitian ini adalah untuk 1. Untuk mengetahui mekanisme Akad Wadi’ah pada produk Bank BSI Syari’ah KC Serang Kota Serang. 2. Untuk mengetahui Hukum Islam Terhadap Akad Wadi’ah pada Bank BSI Syari’ah KC Serang Kota Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian Kualitatif, dengan menggunakan pendekatan deskriptif analisis (studi kasus), yaitu dengan cara mengumpulkan data, mengevaluasi, menyusun dan menganlisa, dan mendatangi lokasi untuk penelitian dan menganalisisnya. pengumpulan datanya menggunakan library research dan observasi (wawancara), yaitu dengan cara menggunakan acuan atau rujukan dari buku-buku, jurnal, sekripsi yang ada relevansinya dengan masalah yang sedang diteliti dan mendatangi lokasi atau tempat penelitian. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa mekenisme praktik di Bank BSI Syari’ah KC Serang Kota Serang ini menggunakan akad Wadi’ah, karena di dalam akad Wadi’ah (titipan) menjelaskan tentang tabungan masyarakat yang dititipkan kepada pihak lembaga keuangan. Halnya yang telah dijelaskan diatas bahwa menabung di bank BSI Syari’ah KC Serang Kota Serang bukan hanya melalui sistem tabungan saja disana banyak produk yang diperjanjikan salah satunya adalah tabungan haji, giro, deposito dan lain sebagainya. Sebagaimana telah dijelaskan sebelumnya bahwa tabungan di Bank Syariah menggunakan akad wadi’ah. Adapun menurut Hukum Islam, pemberian hadiah pada Bank BSI Syari’ah KC Serang Kota Serang dengan akad Wadi’ah diperbolehkan menurut Syariat Islam, kecuali dalam peraturan BI (Bank Indonesia) No 7/46/PBI/2005 bab II tentang persyaratan akad penghimpunan dan penyaluran dana pasal 3 poin d tidak diperbolehkan menjanjikan pemberian hadiah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 20 Sep 2023 02:10
Perubahan Terakhir: 20 Sep 2023 02:10
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13260

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.