Listiani, Yeti (2023) Manajemen Kesiswaan dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Khusus Negeri 01 Lebak. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_MPI_191250063_Cover.pdf Download (210kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_191250063_Lampiran Depan.pdf Download (639kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_191250063_BAB I.pdf Download (410kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_MPI_191250063_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (698kB) |
||
Teks
S_MPI_191250063_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (551kB) |
||
Teks
S_MPI_191250063_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (400kB) |
||
|
Teks
S_MPI_191250063_BAB V.pdf Download (210kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_MPI_191250063_Daftar Pustaka.pdf Download (215kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Manajemen peserta didik (kesiswaan) keberadaannya sangat dibutuhkan di Lembaga Pendidikan karena siswa merupakan subjek sekaligus objek dalam proses transformasi ilmu dan keterampilan. Keberhasilan dalam penyelenggaraan Pendidikan akan sangat bergantung dengan perkembangan potensi fisik, kecerdasan intelektual, sosial, emosional, dan kejiwaan peserta didik. Fokus masalah dalam penelitian ini lebih ditujukan pada 1) Implementasi manajemen kesiswaan dalam membentuk karakter siswa di Sekolah Khusus Negeri 01 Kabupaten Lebak 2) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan manajemen kesiswaan dalam membentuk karakter siswa di Sekolah Khusus Negeri 01 Kabupaten Lebak 3) Hasil pelaksanaan manajemen kesiswaan dalam membentuk karakter siswa di Sekolah Khusus Negeri 01 Lebak. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis manajemen kesiswaan dalam membentuk karakter siswa di Sekolah Khusus Negeri 01 Lebak. Latar belakang penelitian ini adalah masih banyaknya masyarakat yang kurang peduli akan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan kualitatif, dengan pendekatan deskriptif untuk menggambarkan kondisi subjek penelitian pada saat penelitian dilaksanakan. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai instrumen sekaligus sebagai pengumpul data. Prosedur yang di pakai dalam pengumpulan data yaitu : (a) Observasi, (b) Wawancara, dan (c) Dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan pada implementasi manajemen kesiswaan dalam pembentukan karakter siswa di SKH N 01 Lebak sudah berjalan dengan baik, hal ini bisa dilihat dari mulai perencanaan penerimaan peserta didik baru, pembinaan siswa dalam membentuk karakter melalui pembelajaran di dalam kelas oleh guru, dan di luar kelas melalui program ekstrakurikuler (Pramuka) dan program pengembangan minat dan bakat siswa (Hantaran, Kecantikan, Tata Boga, Tata Busana, TIK, Seni Tari, Lukis, Musik, Puisi, dan Olahraga), dan evaluasi pembentukan karakter siswa. SKH N 01 Lebak juga sudah mengupayakan kegiatan program pembentukan karakter siswa mulai dari perencanaan, pembinaan dan evaluasinya diupayakan sebaik mungkin, sehingga hasil dari manajemen kesiswaan dalam membentuk karakter siswa di SKH N 01 Lebak dibuktikan dengan adanya dampak positif pada perubahan ada pada perilaku, emosional dan lain sebagainya, selain itu juga dibuktikan oleh prestasi-prestasi yang diraih siswa-siswi SKH N 01 Lebak.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Manajemen Kesiswaan, Karakter siswa, Anak Berkebutuhan Khusus |
Subjek: | 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 19 Sep 2023 02:59 |
Perubahan Terakhir: | 19 Sep 2023 02:59 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13250 |
Actions (login required)
Lihat Item |