PENERAPAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARN MATEMATIKA PADA SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR SEDERHANA (PTK Di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Mathla’ul Anwar Kepuh)

MUHTARIYAH, IYAH (2017) PENERAPAN MODEL STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJARN MATEMATIKA PADA SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR SEDERHANA (PTK Di Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Mathla’ul Anwar Kepuh). Diploma atau S1 thesis, Universitas Islam Negeri "Sultan Maulana Hasanuddin" BANTEN.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (188kB) | Pra Tinjau
[img] Teks (ABSTRAK)
ABSTRAK1 ii.docx
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (95kB)
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (239kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (371kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (360kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
BAB V.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (159kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (155kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar siswa yang rendah pada mata pelajaran matematika materi sifa-sifat bangun datar sederhana di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Mathla’ul Anwar Kepuh Kecamatan Cinangka Kabupaten Serang. Hal ini disebabkan karena pemahaman siswa dan minat siswa pada materi sifat-sifat bangun datar sederhana masih rendah, kurang aktif, guru masih menggunakan metode ceramah, sangat sedikit tuntutan aktif dari siswa yang rendah, dan guru belum menggunakan metode atau pun media pembelajaran serta mendesain skenario pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik materi maupun kondisi siswa sehingga siswa memungkinkan aktif dan kreatif. Perumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimana penerapan model Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan nilai hasil belajar matematika pada sifat-sifat bangun datar sederhana di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Mathla’ul Anwar Kepuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi sifat-sifat bangun datar sederhana di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Mathla’ul Anwar Kepuh Kecamatan Cinangka Kabupaten Serang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman observasi dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukan terjadi peningkatan hasil belajar siswa hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata kelas tes awal sebesar 85, siklus I sebesar 95, dan pada siklus II sebesar 100 persentase ketuntasan tes awal sebesar 33,33%, silus I sebesar 54,54% dan siklus II sebesar 81,81%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Hasil Belajar, penerapan model (STAD)
Subjek: 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 28 Aug 2017 02:17
Perubahan Terakhir: 28 Aug 2017 02:17
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/1324

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.