FATMAWATI, ADE PIPIT (2017) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MATERI MENJAGA KEUTUHAN NEGARA INDONESIA(PTK di Kelas V SDN Pegandikan 1 Pontang). Diploma atau S1 thesis, UIN "SULTAN MAULANA HASANUDDIN" BANTEN.
|
Teks (COVER)
1. cover.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (180kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (86kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB I)
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (234kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB II)
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (205kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB III)
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (242kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks (BAB V)
BAB V.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial. Download (90kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa kelas V SDN Pegandikan I Pontang yang rendah pada mata pelajaran PKn masih berpusat pada guru dan hanya menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Dan siswanya kurang aktif dalam pembelajaran berlangsung, siswa tersebut ada yang diam ketika ditanya sama guru dan ada juga yang pasif ketika belajar. Maka peneliti mencoba untuk menggunakan model problem based learning agar siswa terlihat aktif dan dapat berfikir kritis. Adapun rumusan masalah yang ingin dicapai pada Penelitian Tindakan Kelas ini adalah : 1) Bagaimana penerapan model Problem Based Learningpada pembelajaran PKn pokok bahasan Menjaga Keutuhan Negara Indonesia? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn pokok bahasan Menjaga Keutuhan Negara Indonesia menggunakan model Problem Based Learning? Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: Perencaaan, Tindakan, Observasi dan Refleksi. Data diperoleh dari subyek penelitian siswa sebanyak 27, terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Instrumen penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dilapangan bahwa model problem based learningdapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini dilihat dari nilai rata-rata yang meningkat dari siklus I dan siklus 2 yaitu siklus 1 mendapatkan nilai rata-rata mencapai 67,04 dan siklus 2 mencapai 76,29. Sehubungan dengan hal tersebut, maka model pembelajaran problem based learningdapat berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa SDN Pegandikan 1 Pontang, sehingga pembelajaran dengan model ini dapat digunakan sebagai salah satu alternatif pembelajaran dalam Menjaga Keutuhan Negara Indonesia pada mata pelajaran PKn.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | PROBLEM BASED LEARNING |
Subjek: | 400 Bahasa > 407 Pendidikan, penelitian & topik terkait |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
User Penyetor: | S.IIP AINUN NAJAH |
Tanggal Disetorkan: | 28 Aug 2017 02:17 |
Perubahan Terakhir: | 28 Aug 2017 02:17 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/1323 |
Actions (login required)
Lihat Item |