Pola Asuh Orangtua Buruh Pabrik Kaitannya dengan Hak Anak Menurut Perspektif Hukum Keluarga Islam (Studi Kasus di Kelurahan Pageragung Kecamatan Walantaka)

Wasiatusuduroh, Rijkotul (2023) Pola Asuh Orangtua Buruh Pabrik Kaitannya dengan Hak Anak Menurut Perspektif Hukum Keluarga Islam (Studi Kasus di Kelurahan Pageragung Kecamatan Walantaka). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HKI_191110061_COVER.pdf

Download (23kB)
[img] Teks
S_HKI_191110061_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (423kB)
[img] Teks
S_HKI_191110061_BAB I.pdf

Download (532kB)
[img] Teks
S_HKI_191110061_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (294kB)
[img] Teks
S_HKI_191110061_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (459kB)
[img] Teks
S_HKI_191110061_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (470kB)
[img] Teks
S_HKI_191110061_BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Teks
S_HKI_191110061_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)

Abstrak

Setiap anak memiliki hak yang adil di dalam sebuah keluarga. Beberapa hak yang didapat oleh anak seperti hak Pendidikan, hak perlindungan, hak kasih sayang, dan sebagainya. Oleh karena itu, setiap orangtua memiliki kewajiban untuk memberikan hak anak yang baik. Namun, ada beberapa masalah bagi para orangtua yang sibuk dengan pekerjaannya, akan tetapi mereka tetap berusaha menyisihkan waktu untuk anaknya. Hal ini orang tua yang bekerja sebagai buruh pabrik di akibatkan minimnya faktor ekonomi, akan tetapi orang tua yang baik menjaga hubungan dengan anaknya, memberikan Pendidikan dan melindungi hak-hak anak karena merupakan tanggung jawab penuh bagi orangtua sekalipun orangtua yang bekerja sebagai buruh pabrik. Wilayah yang digunakan dalam penelitian ini ialah kelurahan pageragung kecamatan walantaka. Adapun rumusan masalahnya adalah 1. Bagaimana tinjauan Hukum keluarga Islam terhadap hak anak dari orang tua yang bekerja sebagai buruh pabrik di kelurahan pageragung kecamatan walantaka? 2. Bagaimana Implementasi pengasuhan orang tua yang bekerja sebagai buruh pabrik di kelurahan Pageragung kecamatan walantaka? Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mengetahui Bagaimana tinjauan Hukum keluarga Islam terhadap hak anak dari orang tua yang bekerja sebagai buruh pabrik di kelurahan pageragung kecamatan walantaka 2. Untuk mengetahui bagaimana Implementasi pengasuhan orang tua yang bekerja sebagai buruh pabrik di kelurahan Pageragung kecamatan walantaka Penelitian menggunakan pendekatan field research (penelitian lapangan), dan metode pendekatan kualitatif. Teknik yang digunakan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penentuan lokasi penelitian di kelurahan pageragung kecamatan walantaka, keseluruhan data dianalisis secara induktif. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat anak yang belum mendapatkan hak-haknya secara penuh disebabkan banyaknya orang tua yang disibukkan dengan pekerjaannya. Oleh karena itu, perlu dilakukan pola asuh yang baik sehingga hak-hak anak dapat terpenuhi dengan baik. Implementasi pengasuhan orang tua yang bekerja sebagai buruh pabrik terhadap hak-hak anak di kelurahan pageragung kecamatan Walantaka menggunakan dua macam metode pola asuh. Pola asuh yang digunakan oleh orang tua dalam mendidik anak, terdapat dua pola asuh yaitu pola asuh demokratis dan pola asuh permisif.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pola Asuh, Orangtua Buruh Pabrik, Hak Anak, Perspektif Hukum Keluarga Islam
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat > 2x4.37 Menyusui dan mengasuh/memelihara anak
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 14 Sep 2023 02:02
Perubahan Terakhir: 14 Sep 2023 02:02
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13213

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.