Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV (R&D Di Kelas IV SD Negeri Domas 1 Kabupaten Serang)

Hasanah, Magfirotul (2023) Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas IV (R&D Di Kelas IV SD Negeri Domas 1 Kabupaten Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PGMI_161240030_Cover.pdf

Download (102kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240030_Lampiran Depan.pdf

Download (308kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240030_BAB I.pdf

Download (152kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240030_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (157kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240030_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (167kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240030_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (202kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240030_BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Teks
S_PGMI_161240030_Daftar Pustaka.pdf

Download (96kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa bahan ajar Lembar Kerja Siswa (LKS)Berbasis Mind Mapping pada pembelajaran bahasa Indonesia materi cerita di Kelas IV SDN Domas 1 dalam meningkatkan hasil belajar siswa. penelitian ini dilatar belakangi kurangnya pemahaman dan rendahnya hasil belajar siswa di kelas IV yang masih belum mencapai KKM pada mata pelajaran bahasa Indonesia khususnya materi cerita. Metode penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan Research and Development (Four D Models) menurut Thiagarajan. Berdasarkan hasil penelitiann, bahwa media pembelajran dinyatakan layak. Hasil validasi asing-masing yang terdiri dari tiga aspek yaitu aspek Format LKS, Isi dan Bahasa. Pada aspek format lks mendapatkan rata-rata skor 3,82. Pada aspek isi mendapatkan rata-rata skor 4,08. pada aspek bahasa juga mendapatkan rata-rata skor 3,82. Sedangkan hasil rekapitulasi secara keseluruhan aspek dari ketiga validator memperoleh nilai rata-rata skor 3,90 dengan kategori baik dan valid. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi cerita yang dilihat dari indikator keberhasilan mulai sebelum penmgembangan Lembar Kerja Siswa (LKS)Berbasis Mind Mapping sebesar 56% menjadi 92% pada setelah pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS)Berbasis Mind Mapping. Jadi dapat disimpulkan bahwa pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS)Berbasis Mind Mappinginilah yang mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi cerita di kelas IV.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Lembar kerja siswa, berbasis Mind Mapping teks cerita
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 07 Sep 2023 07:50
Perubahan Terakhir: 07 Sep 2023 07:50
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13196

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.