Analisis Perbandingan Efisiensi dan Produktivitas Bank Syariah Indonesia Sebelum dan Setelah Merger

Wulandari, Ratna (2023) Analisis Perbandingan Efisiensi dan Produktivitas Bank Syariah Indonesia Sebelum dan Setelah Merger. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PBS_191420145_Cover.pdf

Download (61kB)
[img] Teks
S_PBS_191420145_Lampiran Depan.pdf

Download (862kB)
[img] Teks
S_PBS_191420145_BAB I.pdf

Download (242kB)
[img] Teks
S_PBS_191420145_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (412kB)
[img] Teks
S_PBS_191420145_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (391kB)
[img] Teks
S_PBS_191420145_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (725kB)
[img] Teks
S_PBS_191420145_BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Teks
S_PBS_191420145_Daftar Pustaka.pdf

Download (304kB)

Abstrak

Perbankan syariah semakin mengalami kemajuan yang cukup pesat di Indonesia. Perbankan syariah di Indonesia menjadi salah satu gembong atau inisiator pengembangan industri perbankan syariah di tingkat ASEAN. Bank Syariah Indonesia merupakan salah satu perbankan syariah yang berperan penting dalam pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Bank Syariah Indonesia merupakan hasil penggabungan dari 3 bank syariah BUMN diantaranya PT Bank BRI Syariah, PT Bank BNI Syariah, dan PT Bank Syariah Mandiri. Hasil dari penggabungan ketiga bank ini akan menjadi energi baru bagi perekonomian Indonesia dan diharapkan mampu bersaing dengan bank syariah di kancah global. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana analisis perbandingan efisiensi Bank Syariah Indonesia sebelum dan setelah merger? 2) Bagaimana analisis perbandingan produktivitas Bank Syariah Indonesia sebelum dan setelah merger? Penelitian ini bertujuan: pertama, untuk mengetahui analisis perbandingan efisiensi Bank Syariah Indonesia sebelum dan setelah merger, kedua, untuk mengetahui analisis perbandingan produktivitas Bank Syariah Indonesia sebelum dan setelah merger. Penelitian ini menggunakan metode non-parametrik yaitu Data Envelopment Analysis (DEA) untuk mengetahui tingkat efisiensi Bank Syariah Indonesia, dan metode Malmquist Productivity Index (MPI) untuk mengetahui tingkat produktivitas Bank Syariah Indonesia, kemudian menggunakan uji normalitas Kolmogorov Smirnov-Test untuk mengetahui data terdistribusi secara normal atau tidak. Serta uji Mann Whitney U-Test untuk mengetahui signifikansi perbedaan tingkat efisiensi dan tingkat produktivitas Bank Syariah Indonesia sebelum dan setelah merger. Penelitian ini menunjukkan hasil bahwa perbandingan tingkat efisiensi BSI sebelum dan setelah merger terdapat perbedaan yang signifikan, yaitu ditunjukkan oleh tabel nilai mean rank BSI setelah merger yaitu 33.17 lebih besar dari pada BSI sebelum merger yaitu 15.21. Artinya, hipotesis Ha1 diterima yaitu tingkat efisiensi kinerja keuangan BSI setelah merger lebih efisien dibandingkan sebelum merger. Selanjutnya, perbandingan tingkat produktivitas BSI sebelum dan setelah merger ditunjukkan oleh tabel nilai mean rank BSI setelah merger yaitu 11.36 lebih kecil daripada BSI sebelum merger yaitu 11.64. Artinya, hipotesis H02 diterima yaitu tidak terdapat perbedaan tingkat produktivitas kinerja keuangan BSI sebelum dan setelah merger.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Merger, efisiensi, produktivitas, Data Envelopment Analisys (DEA), Malmquist Productivity Index (MPI)
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 07 Sep 2023 04:53
Perubahan Terakhir: 07 Sep 2023 06:26
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13193

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.