Konsep Jiwa (Nafs) dalam Al-Qur’an (Kajian Tafsir Maudhu’I/Tematik)

Madhany, Alvy (2023) Konsep Jiwa (Nafs) dalam Al-Qur’an (Kajian Tafsir Maudhu’I/Tematik). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_IAT_171320004_Cover.pdf

Download (121kB)
[img] Teks
S_IAT_171320004_Lampiran Depan.pdf

Download (476kB)
[img] Teks
S_IAT_171320004_Bab I.pdf

Download (295kB)
[img] Teks
S_IAT_171320004_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (104kB)
[img] Teks
S_IAT_171320004_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (457kB)
[img] Teks
S_IAT_171320004_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (460kB)
[img] Teks
S_IAT_171320004_Bab V.pdf

Download (42kB)
[img] Teks
S_IAT_171320004_Daftar Pustaka.pdf

Download (53kB)

Abstrak

Persoalan jiwa (nafs) merupakan diskusi sepanjang zaman yang belum pernah berhenti sampai pada abad milenial ini. Jiwa (nafs) adalah problem yang mengakibatkan banyak pertanyaan dan tiada pernah tuntas terjawab. Berbagai pendekatan dikerahkan, baik teologi, psikologi juga social tetapi belum bisa memuaskan ambisi ilmiah para akademisi. Perbincangan yang masih sangat terbuka tentang konsep jiwa (nafs) mendorong penulis untuk melakukan penelitian yang berjudul: Konsep Jiwa (Nafs) dalam Al-Qur’an (Kajian Tafsir Tematik). Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan dalam skripsi ini adalah: Pertama, Apa saja ayat-ayat jiwa (nafs) dalam al-Qur'an. Kedua, Bagaimana makna jiwa (nafs) di dalam al-Qur'an. Ketiga, Bagaimana mengendalikan dan mengarahkan jiwa (nafs) menurut al-Qur'an? Dalam skripsi ini, penulis memakai pendekatan kualitatif dan jenis penelitian nya kepustakaan (library research). Dengan menggunakan pendekatan berbasis literatur, maka penulis berusaha mengumpulkan data tekstual berupa artikel ilmiah dan hasil penelitian terbaru. Adapun metode yang penulis gunakan untuk menganalisis permasalahan ini adalah tafsir maudhu'I atau tematik. Hasil dari skprisi ini, menunjukkan bahwa banyak lafadz dalam al-Qur'an yang di maknai dengan jiwa (nafs), yang kaya dan konteks yang beragam. Istilah-istilah tersebut adalah nafs, aql, ruh, qalb, dan shudur mereka semua merupakan dimensi sertaan pada jiwa (nafs) yang memiliki peran strategis dalam membimbing jiwa supaya tetap di jalan kebaikan. Jiwa (nafs) merujuk kepada sisi kebaikan dan keburukan. Jiwa (nafs) positif yang selalu dapat mengendalikan diri dari nafsunya menuju kebaikan dan jiwa (nafs) negative yang selalu menuruti nafsunya. Dan juga tidak sedikit ayat dalam al-Qur'an yang menganjurkan manusia agar selalu mengendalikan dan mengarahkan jiwa (nafs). Dari sini dapat di simpulkan bahwa manusia dikarunia oleh Allah SWT dengan jiwa (nafs) yang dengannya jiwa (nafs) manusia dapat dihidup menjalankan fungsinya sebagaimana mestinya. Bersama jiwa (nafs) lah manusia beribadah, bersama jiwa (nafs) lah manusia beraktivita, bersama jiwa (nafs) lah manusia belajar.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Al-Qur'an, Maudhu'I, Jiwa (nafs)
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.3 Tafsir Al-Quran
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Alquran Dan Tafsir
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 23 Aug 2023 07:16
Perubahan Terakhir: 23 Aug 2023 07:16
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13088

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.