I’jāz Al-qur’ān Menurut Pandangan Muḥammad ‘Alī Salamah Al-Azhaī (Studi Kitab Manhaj Al-Furqān fī ‘Ulūm Al-Qur’ān)

Nursati, Nursati (2023) I’jāz Al-qur’ān Menurut Pandangan Muḥammad ‘Alī Salamah Al-Azhaī (Studi Kitab Manhaj Al-Furqān fī ‘Ulūm Al-Qur’ān). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_IAT_191320107_Cover.pdf

Download (265kB)
[img] Teks
S_IAT_191320107_Lampiran Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_IAT_191320107_Bab I.pdf

Download (398kB)
[img] Teks
S_IAT_191320107_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (369kB)
[img] Teks
S_IAT_191320107_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (803kB)
[img] Teks
S_IAT_191320107_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (621kB)
[img] Teks
S_IAT_191320107_Bab V.pdf

Download (149kB)
[img] Teks
S_IAT_191320107_Daftar Pustaka.pdf

Download (231kB)

Abstrak

Umat islam tidak akan terlepas dari Al-Qur‟an dan dianjurkan untuk membaca dan memahami isi kandungannya. Didalam Al-Qur‟an terdapat I‟jaz Al-Qur‟an salah satunya dalam aspek kebahasaan, kemukjizatan Al-Qur‟an juga didasarkan pada kenyataan riil oleh masyarakat Arab terjadi dan dirasakan ketika itu. Dengan fungsinya sebagai mukjizat terbesar bagi kerasulan Nabi Muhammad SAW yang digunakkan oleh penyair dan orator ternama pada masa itu dengan mengungguli ketinggian bahasa sastra, hal ini terbukti dengan melihat susunan bahasa ilahiyah yang terkandung didalam Al-Qur‟an. Bahkan Al-Qur‟an dapat mematahkan paramasastra yang selama itu di agung-agungkan dalam mengubah dan menyusun paramasastra tersebut. Dan sejak turun pertama kali tidak ada yang sanggup meniru ubahannya apalagi menandinginya salah seorang pun. Padahal sudah jelas di dalam Al-Qur‟an tantangan untuk menandinginya. Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan dalam penelitian ini adalah: agaimana konsep I j z Al-Qur‟an menurut pandangan Muḥammad „Alī Salamah al-Azharī ? agaimana Implementasi I j z Al-Qur‟ n dalam perspektif Muḥammad „Alī Salamah al-Azharī ?. Untuk mengungkap tinjauan tersebut peneliti mencoba menganalisis dan mengimplementasi gaya bahasa yang ada didalam Al-Qur‟ n, dengan menggunakan kajian I‟jaz balaghah dalam ilmu bayan. Hasil skripsi ini penulis menggunakan metode kualitatif yang bersifat content analysis (analisis isi). Analisis ini adalah teknik untuk mengumpulkan dan menganalisis dari teks baik dari sumber primer maupun sekunder. Hasil dari skripsi ini, sebagai berikut: dari hasil penelitian melalui Library Research bahwa I‟j z Al-Qur‟an dalam aspek balaghah dalam kitab Manhaj Al-Furq n Fī „Ulūm Al-Qur‟ n, bahwasannya konsep I‟jaz Al-Qur‟an dalam kajian balaghah ialah ilmu bayan yang didalamnya terdapat tasbyih, majaz, dan kinayah. Adapun implementasi dalam kajian bayan ialah kedahsyatan dan keagungan Al-Qur‟an dapat dilihat dari kandungan Surat Al-Isra Ayat 88, Surat Yunus Ayat 38, Surat Hud Ayat 13, Surat Al-Baqarah 23, yang menggambarkan, siapa saja yang meragukan otentisitas Al-Qur‟an, maka mereka ditantang oleh Al-Qur‟an untuk membuatkan satu surat saja, sebagai tandingannya, bahwa mereka mampu menyamai dan mengarangnya. Walaupun mereka mengajak orang lain. Mereka dipastikan tidak akan mampu membuatnya. Ayat ini merupakan tantangan bagi mereka yang meragukan kebenaran Al-Qur‟an, penyusunan bahasa seperti itu tidak dapat ditiru walaupun dengan mengerahkan semua ahli sastra dan bahasa sekalipun, karena ia merupakan mukjizat Nabi Muhammad saw.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Bayan, Uslub, Balaghah
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.1 Ilmu-ilmu Al-Quran
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Alquran Dan Tafsir
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 23 Aug 2023 06:36
Perubahan Terakhir: 23 Aug 2023 06:36
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13084

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.