Tradisi “Merangkat” dalam Pernikahan Perspektif 'Urf (Studi Kasus di Desa Pegayaman, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali)

Alhazmi, Nengah Radhi (2023) Tradisi “Merangkat” dalam Pernikahan Perspektif 'Urf (Studi Kasus di Desa Pegayaman, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng, Bali). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HKI_181110089_COVER.pdf

Download (117kB)
[img] Teks
S_HKI_181110089_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (551kB)
[img] Teks
S_HKI_181110089_BAB I.pdf

Download (602kB)
[img] Teks
S_HKI_181110089_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (180kB)
[img] Teks
S_HKI_181110089_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (458kB)
[img] Teks
S_HKI_181110089_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (338kB)
[img] Teks
S_HKI_181110089_BAB V.pdf

Download (123kB)
[img] Teks
S_HKI_181110089_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (151kB)

Abstrak

Dalam Al-„Urf terdapat beberapa macam-macam dan bagiannya, salah satunya adalah ditinjau dari segi Keabsahannya yakni Al-„Urf al-Sahih dan Al-„Urf al- Fasid. Dalam penerapannya di Desa Pegayaman memiliki sebuah adat pernikahan yang dinamakan “merangkat” yaitu seperti kawin lari namun pelaksanaanya hanya ada di Desa Pegayaman. Sementara dalam praktiknya tidak sesuai dengan kehujjahan dan kaidah-kaidah yang ada pada hukum „Urf itu sendiri. Hal ini dikarenakan masih ada sebagian masyarakat di Desa Pegayaman yang belum mengkaji jauh sehingga tidak memahami „Urf dan macam-macamnya yang dapat dijadikan sebuah tradisi. Sehingga masyarakat Desa Pegayaman masih sering menjalankan adat ini tanpa mengacu pada keseluruhan Hukum sebagaimana yang diatur dalam Hukum Syara’ mengenai Al- „Urf. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini yaitu : 1) Apa bentuk tradisi “merangkat‟ dalam adat perkawinan di kampung Pegayaman, Kabupaten Buleleng, Bali. 2) Bagaimana Tinjauan hukum Islam secara „Urf atas pelaksanaan tradisi “merangkat” dalam pernikahan di kampung Pegayaman, Kabupaten Buleleng, Bali? Tujuan penelitiannya adalah 1.Untuk mengetahui bentuk tradisi terhadap Merangkat dalam pernikahan di kampung Pegayaman Kabupaten Buleleng Bali. 2. Untuk mengetahui tinjauan hukum Islam secara „Urf atas Praktik Merangkat dalam pernikahan di Kampung Pegayaman, Kabupaten Buleleng Bali. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian Yuridis Empiris. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang bersifat lapangan (field research). Dalam metode pengumpulan data penulis menggunakan sebagian data primer sebelumnya yaitu berupa hasil wawancara dari ketua adat, tokoh agama, sesepuh dan informan dari orang-orang yang mengetahui adat merangkat di kampung peagayaman. Juga serta menggunakan metode pengolahan data dalam penelitian deskriptif kualitatif. Adapun pengolahan data pada penelitian ini melalui tahapan-tahapan pemeriksaan data, Klasifikasi, verifikasi, analisis, dan pembuatan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan pada : Praktek merangkat di Desa Pegayaman adalah pernikahan seperti kawin lari, namun dalam praktiknya terdapat beberapa proses tahapan yakni mejati, melaku salah, nunas pemuput, dan nunas ledangan atau ngunye. Faktor yang melatar belakangi merangkat adalah tidak dapat restu dari orang tua mempelai perempuan karena tidak memiliki dana untuk mengambil cara tingkat utama yaitu mesangkreban. Ditinjau dari hukum „Urf nya tradisi pernikahan merangkat mengarah pada „Urf al-Fasid dimana adat merangkat ini tidak sesuai dengan hukum Islam yang berlaku dan tidak masuk kriteria kehujjahan „Urf, karena dalam proses ritual pelaksanannya jika calon mempelai wanita ditemukan oleh keluarganya maka batal tradisi pernikahan merangkat itu sendiri.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Merangkat, Pernikahan,'Urf
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat > 2x4.31 Nikah
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 23 Aug 2023 03:09
Perubahan Terakhir: 23 Aug 2023 03:09
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13071

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.