Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktek Pembayaran Zakat Hasil Panen Padi (Studi Kasus di Desa Padaherang Kecamatan Angsana Kabupaten Pandeglang)

Nurulfitria, Ratu Fauziyah (2023) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktek Pembayaran Zakat Hasil Panen Padi (Studi Kasus di Desa Padaherang Kecamatan Angsana Kabupaten Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HES_171130196_COVER.pdf

Download (108kB)
[img] Teks
S_HES_171130196_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_HES_171130196_BAB I.pdf

Download (468kB)
[img] Teks
S_HES_171130196_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (250kB)
[img] Teks
S_HES_171130196_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (469kB)
[img] Teks
S_HES_171130196_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (304kB)
[img] Teks
S_HES_171130196_BAB V.pdf

Download (72kB)
[img] Teks
S_HES_171130196_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Pelaksanaan zakat pertanian padi di kalangan masyarakat belum sepenuhnya terealisasikan dikarenakan minimnya pengetahuan atas nishab zakat pertanian padahal banyak para petani padi yang hasil panennya sudah memenuhi nishab .Tidak sempurnalah Islam seseorang, jika dia tidak mengeluarkan zakat, padahal dia mempunyai harta yang cukup nisabnya. Dan tidak sempurnalah suatu umat Islam jika zakat tidak diatur pungutan dan pendistribusiannya. Pemugutan dari orang yang harus membayar zakat, dan pembagian terhadap orang yang punya hak seperti yang diperintahkan oleh Allah. Perumusan masalah pada skripsi ini adalah: 1.Bagaimana praktek perhitungan pembayaran zakat hasil panen padi? 2. Bagaimana tinjauan hukum islamterhadap praktek pembayaran zakat hasil panen padi di Desa Padaherang Kecamatan Angsana Kabupaten Pandeglang? Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui praktek perhitungan pembayaran zakat hasil panen padi di Desa Padaherang Kecamatan Angsana Kabupaten Pandeglang. 2. Untuk mengetahui tinjauan hukum islamterhadap pratek pembayaran zakat hasil panen padi di Desa Padaherang Kecamatan Angsana Kabupaten Pandeglang. Metode penelitian yang penulis gunakan untuk meneliti penelitian ini menggunakan metode yuridis empiris. Dimana penulis akan menguraikan, menggambarkan, mengumpulkan, menyusun, serta mengolah dan menjelaskan objek penelitian sebagaimana adanya. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Praktek pembayaran zakat hasil panen di desa Padaherang memiliki perbedaan takaran, hal tersebut dikarenakan petani merasa akan adanya kerugian jika membayar zakat pertanian dengan nisab yang sesuai dengan ketentuan, dan juga disebabkan ketidaktahuan masyarakat tentang ketentuan takaran nisab zakat hasil panen padi menurut syariat Islam.Praktek pembayaran zakat hasil panen padi di Desa Padaherang yang dilakukan mayoritas masyarakat setempat membayarkan zakatnya tidak menggunakan nisab yang telah ditetapkan di dalam hukum Islam. Dengan kata lain praktek pembayaran zakat pertanian hasil panen padi di Desa Padaherang belum sesuai dengan hukum Syari’at Islam. Dalam hukum Islam jika mengeluarkan harta dari hasil panen tanpa adanya nisab maka itu bukanlah berzakat melainkan sedekah atas rasa syukur terhadap apa yang telah mereka dapatkan dari hasil panen.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Zakat, Zakat Pertanian,Padi, Hukum Islam
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.14 Zakat
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 23 Aug 2023 02:41
Perubahan Terakhir: 23 Aug 2023 02:41
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13070

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.