Pengembangan Modul Praktikum Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Dasar Sains Kelas IV (R&D di Kelas IV MI Ta'lim Mubtadi 2)

Herliyah, Ade (2023) Pengembangan Modul Praktikum Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Dasar Sains Kelas IV (R&D di Kelas IV MI Ta'lim Mubtadi 2). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240061_Cover.pdf

Download (119kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240061_Lampiran Depan.pdf

Download (573kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240061_BAB I.pdf

Download (192kB) | Pra Tinjau
[img] Teks
S_PGMI_171240061_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (379kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240061_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (485kB)
[img] Teks
S_PGMI_171240061_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240061_BAB V.pdf

Download (157kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
S_PGMI_171240061_Daftar Pustaka.pdf

Download (162kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan bahan ajar berupa modul praktikum berbasis inkuiri dan untuk mengetahui kelayakan modul praktikum berbasis inkuiri untuk meningkatkan keterampilan proses dasar sains kelas IV di MI Ta‟lim Mubtadi 2. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah Research and Development (R&D) tipe 4D menurut teori Tiaragarajaan, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Metode dan model ini dipilih karena model pengembangan ini lebih efektif untuk mengembangkan perangkat pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dan angket. Analisis data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dan angket. Analisis data yang digunakan penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan sampel 15 siswa kelas IV di MI Ta‟lim Mubtadi 2. Pengujian validitas meliputi tiga aspek yaitu aspek fisik/tampilan, aspek pemanfaatan, serta aspek bahasa dan materi yang melibatkan beberapa validator dengan latar belakang profesi yang berbeda. Sementara tingkat reliabilitas atau kesepakatan antar penilai (rater) dianalisis dengan menggunakan teknik IRR model presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil rekapitulasi secara keseluruhan dari tiga aspek berdasarkan ketiga validator memperoleh nilai 4,90. Sesuai kriteria kelayakan produk rerata skor aspek keseluruhan ini dinyatakan valid. Selain itu tingkat kesepakatan antar penilai mendapatkan skor 86%. Sesuai kiteria kelayakan produk, skor ini lebih besar dari pada skor maksimal yaitu 80%, maka hal ini menunjukkan produk modul praktikum IPA sudah layak digunakan. Selanjutnya hasil respons siswa terhadap modul praktikum IPA menunjukkan skor 98% termasuk kategori “sangat baik”.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Inkuiri, Praktikum, Keterampilan Proses Dasar Sains
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 21 Aug 2023 07:44
Perubahan Terakhir: 21 Aug 2023 07:44
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13056

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.