Strategi Dakwah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) dalam Membina Masyarakat Nahdliyyin di Provinsi Banten

Zhahara, Rezka (2023) Strategi Dakwah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) dalam Membina Masyarakat Nahdliyyin di Provinsi Banten. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_191510040_COVER.pdf

Download (108kB)
[img] Teks
S_KPI_191510040_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (570kB)
[img] Teks
S_KPI_191510040_BAB I.pdf

Download (289kB)
[img] Teks
S_KPI_191510040_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (391kB)
[img] Teks
S_KPI_191510040_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (218kB)
[img] Teks
S_KPI_191510040_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (521kB)
[img] Teks
S_KPI_191510040_BAB V.pdf

Download (157kB)
[img] Teks
S_KPI_191510040_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)

Abstrak

Gerakan dakwah baik dari lembaga, komunitas maupun organisasi yang bergerak dalam pengembangan dakwah dan aktivitas dakwah. Salah satu nya adalah organisasi Nahdlatul Ulama di Banten. Organisasi NU merupakan organisasi keagamaan dan kemasyarakatan yang dikategorikan sebagai organisasi tertua dan kelompok Muslim terbesar di Indonesia dan PWNU ini berkedudukan di tingkat provinsi. Seiring dengan perkembangan zaman saat ini, banyak sekali persoalan-persoalan yang muncul di tengah-tengah masyarakat, seperti adanya pelecehan seksual, perusakan moral dan permasalahan lainnya yang dialami oleh masyarakat dikehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, organisasi NU di Banten memiliki strategi dakwah dalam membina masyarakat nahdliyyin dari permasalahan tersebut Rumusan Masalah dalam penelitian ini yaitu: 1). Bagaimana strategi dakwah PWNU dalam membina masyarakat nahdliyyin di Provinsi Banten? 2). Apa saja faktor pendukung dan penghambat PWNU dalam membina masyarakat nahdliyyin?. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi dakwah PWNU Banten dalam membina masyarakat nahdliyyin dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat PWNU. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi dakwah atau upaya yang dilakukan oleh PWNU Banten dalam membina masyarakat nahdliyyin yaitu melalui kegiatan-kegiatannya antara lain: (1) Pendidikan Menengah Kepempinan NU (PMKNU), (2) berpartisipasi dalam kegiatan PHBI (3) Gema Ramadhan, dan (4) pengajian rutin sabtuan. Adapun faktor yang menjadi pendukung kegiatan dakwah PWNU dalam membina masyarakat nahdliyyin melalui pengajian sabtuan diantaranya adalah: 1) dukungan dari pemerintah setempat, 2) loyalitas dan tanggung jawab dari para pengurus PWNU Provinsi Banten yang meluangkan waktunya untuk mengikuti kegiatan pengajian sabtuan, dan 3) dukungan dari masyarakat atau mad‟u. Adapun yang menjadi faktor penghambat dalam melaksanakan dakwah PWNU Provinsi Banten pada pengajian sabtuan adalah: 1) sosialisasi dan promosi belum maksimal, dan 2) minimnya dana atau finansial dalam pengembangan kegiatan dakwah di PWNU Banten.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Strategi Dakwah, PWNU Banten, Masyarakat
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.24 Alat da’wah termasuk metode; dana dan media
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 21 Aug 2023 00:51
Perubahan Terakhir: 28 Mar 2024 07:22
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13039

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.