Analisis Bibliometrik Filantropi Di Indonesia Menggunakan VOSviewer

Nurfadillah, Enca Anisa (2023) Analisis Bibliometrik Filantropi Di Indonesia Menggunakan VOSviewer. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_ES_191410041_COVER.pdf

Download (30kB)
[img] Teks
S_ES_191410041_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (801kB)
[img] Teks
S_ES_191410041_BAB I.pdf

Download (466kB)
[img] Teks
S_ES_191410041_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (683kB)
[img] Teks
S_ES_191410041_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (655kB)
[img] Teks
S_ES_191410041_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (604kB)
[img] Teks
S_ES_191410041_BAB V.pdf

Download (219kB)
[img] Teks
S_ES_191410041_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)

Abstrak

Kedermawanan dan kepedulian sudah menjadi budaya warga masyarakat Indonesia, hal ini mendorong tumbuh kembang filantropi sebagai lembaga yang berupaya membantu sesama yang membutuhkan. Lembaga yang menghimpun dan mengelola keuangan yang berasal dari masyarakat maupun perusahaan ini, berlomba-lomba dalam memberikan dampak baik pada lingkungan dan wilayahnya. Dalam tujuh tahun terakhir, banyak literatur telah mempublikasi tentang filantropi dengan berbagai topik penelitian. Berdasarkan penelurusan penulis analisis bibliometrik, diranah lembaga filantropi Indonesia belum pernah dilakukan sehingga tidak terdapat gambaran tren penelitian yang terjadi meskipun kenyataannya mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang luar biasa. Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan diatas maka dapat dirumuskan masalah dalam penelitian ini yaitu, bagaimana tren penelitian lembaga filantropi di Indonesia berdasarkan tahun publikasi, penulis, jumlah sitasi dan sumber publikasi, bagaimana pemetaan jaringan tren penelitian tentang lembaga filantropi berdasarkan co-word, co-author, dan co-source dan bagaimana perkembangan penelitian tentang lembaga filantropi sebagai disiplin ilmu di Indonesia? Tujuan penelitian ini yaitu, untuk mengetahui tren penelitian lembaga filantropi di Indonesia berdasarkan tahun publikasi, penulis, jumlah sitasi dan sumber publikasi. mengetahui pemetaan jaringan tren penelitian tentang lembaga filantropi berdasarkan co-word, co-author dan co-source. Dan mengetahui perkembangan penelitian tentang lembaga filantropi sebagai disiplin ilmu di Indonesia. iv Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualtitatfi deskriftif dengan menggunakan riset kepustakaan yang mana disesuaikan dengan tujuan pokok penelitian yakni mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan penelitian dalam kajian lembaga filantropi melalui riset karya ilmiah atau jurnal terakreditasi dalam rentang waktu publikasi tahun 2016 hingga tahun 2022. Penelitian ini berhasil mengolah 174 artikel ilmiah bertema filantropi dari 140 Jurnal terakterditasi SINTA dan Scopus. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 174 artikel tersebut didominasi oleh penelitian dengan latar belakang agama Islam sehingga topik yang paling banyak dibahas pun bertema Zakat, yaitu salah satu instrumen keuangan ekonomi umat. Penelitian bertema filantropi berkembang secara bertahap, pembahasan semakin beragam dari tahun ke tahun, baik secara topik pembahasan maupun banyaknya artikel yang dipublikasi.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Bibliometrik, Filantropi dan Tren Penelitian
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi > 335 Sosialisme & sistem terkait
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 21 Aug 2023 02:45
Perubahan Terakhir: 21 Aug 2023 02:45
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13038

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.