Implementasi Metode Dakwah Mau’idzoh Hasanah dalam Meningkatkan Pemahaman Agama Masyarakat di Majelis Ta’lim (Studi Kasus Majelis Ta’lim Hidayatut Tholibin Kp. Buah Laler Taktakan Kota Serang Banten)

Imtiazah, Vaizah (2023) Implementasi Metode Dakwah Mau’idzoh Hasanah dalam Meningkatkan Pemahaman Agama Masyarakat di Majelis Ta’lim (Studi Kasus Majelis Ta’lim Hidayatut Tholibin Kp. Buah Laler Taktakan Kota Serang Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_191510137_Cover.pdf

Download (218kB)
[img] Teks
S_KPI_191510137_Lampiran Depan.pdf

Download (936kB)
[img] Teks
S_KPI_191510137_Bab I.pdf

Download (187kB)
[img] Teks
S_KPI_191510137_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (522kB)
[img] Teks
S_KPI_191510137_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (188kB)
[img] Teks
S_KPI_191510137_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (453kB)
[img] Teks
S_KPI_191510137_Bab V.pdf

Download (160kB)
[img] Teks
S_KPI_191510137_Daftar Pustaka.pdf

Download (228kB)

Abstrak

Sebagai umat muslim atau muslimah diwajibkan dalam kehidupan kesehariannya untuk berdakwah kepada sesama, entah dengan cara disengaja atau tidak di sengaja. Saat ini kegiatan berdakwah merupakan hal yang sangat penting untuk dikuasai, karena secara tidak langsung manusia melakukan interaksi dengan manusia yang lain itu sudah dinamakan berdakwah selama pembicaraan itu mengandung kebaikan. Menggunakan metode dalam kegiatan berdakwah sangatlah penting, dengan tujuan untuk berhasilnya kegiatan berdakwah. Berdakwah di kalangan masyarakat yang sudah memasuki kriteria usia 25 (dua puluh lima) tahun ke atas harus memiliki cara penyampaian yang tepat, apalagi yang disampaikan terkait agama tentu da’i harus digunakan untuk mad’u ibu-ibu yang sudah berusia 25 (dua puluh lima) tahun keatas bahkan sudah banyak yang lansia. Agar bisa mengetahui bagaimana cara berdakwah dengan baik dan benar, terutama mad’u yang di ambil ialah ibu-ibu majelis ta’lim tentunya tantangannya lebih berat, dengan begitu harus ditetapkan metode dakwah mau’idzoh hasanah. 2) Untuk mengetahui penerapan metode dakwah mau’idzoh hasanah kepada ibu-ibu majelis ta’lim Hidayatut Tholibin apakah efektif atau tidak. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan metode dakwah mau’idzoh hasanah di majelis ta’lim Hidayatut Tholibin. Metode yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode penelitian kualitatif, penelitian ini diharapkan dapat memberikan sebuah hasil penelitian naratif deskriptif yaitu mengenai fokus permasalahan yang dikaji, objek penelitian yang jelas, subyek penelitian yang jelas, serta tersusun data yang digunakan adalah: Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Penerapan metode dakwah mau’idzoh hasanah ini sangat efektif karena banyak perubahan mengenai pengetahuan ilmu agama di keseharian mad’u, banyak respon positif dari mad’u kepada da’i. Lebih banyak faktor pendukung daripada faktor penghambat sehingga tidak ada alasan pengajian di majelis ta’lim Hidayatut Tholibin tetap berjalan sampai sekarang.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Metode Dakwah, Metode Dakwah Mau’idzoh Hasanah, Majelis Ta’lim, Pemahaman Agama
Subjek: 2x6 Sosial dan budaya > 2x6.1 Masyarakat Islam
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 16 Aug 2023 08:06
Perubahan Terakhir: 01 Apr 2024 02:19
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13028

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.