Pola Komunikasi Orang tua dalam Membentuk Karakter Anak (Studi di Desa Panimbangjaya Kecamatan Panimbang Kabupaten Pandeglang)

Nurzulfa, Syanita (2023) Pola Komunikasi Orang tua dalam Membentuk Karakter Anak (Studi di Desa Panimbangjaya Kecamatan Panimbang Kabupaten Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_KPI_191510107 _COVER.pdf

Download (98kB)
[img] Teks
S_KPI_191510107 _LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (560kB)
[img] Teks
S_KPI_191510107 _BAB I.pdf

Download (183kB)
[img] Teks
S_KPI_191510107 _BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (397kB)
[img] Teks
S_KPI_191510107 _BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (111kB)
[img] Teks
S_KPI_191510107 _BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (333kB)
[img] Teks
S_KPI_191510107 _BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Teks
S_KPI_191510107 _DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)

Abstrak

Pola komunikasi yang dilakukan oleh orang tua pada anak sangat berpengaruh dalam membentuk karakter anak. Dalam keluarga fungsi pola komunikasi orang tua mempunyai peran dan fungsi pola asuh orang tua sebagai pembentuk karakter anak, membentuk kemandirian anak, dan membentuk akhlak anak. Keluarga merupakan salah satu faktor eksternal yang dapat mempengaruhi baik buruknya perilaku seorang anak dilingkungan keluarga maupun masyarakat. Setiap keluarga memiliki latar belakang yang berbeda-beda. Latar belakang profesi atau pendidikan orang tua merupakan salah satu faktor dalam pembentukan karakter. Bahkan tingkat pendidikan orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap karakter pada anak. Adapun Rumusan Masalah dalam penelitian ini sebagai berikut :1. Bagaimana pola komunikasi orang tua dalam membentuk karakter anak di Desa Panimbangjaya ? 2. Bagaimana karakter anak di lingkungan Desa Panimbangjaya? Berdasarkan pada rumusan masalah diatas, maka tujuan penelitian adalah sebagai berikut: 1. Untuk mengetahui pola komunikasi interpesonal orang tua dalam membentuk karakter anak di Desa Panimbangjaya. 2. Untuk mengetahui karakter anak di lingkungan Desa Panimbangjaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif diskriptif dan menggunakan pendekatan teori Pola Komunikasi dan Character Building. Penelitian melakukan metode pengumpulan data dengan cara observasi dan wawancara Pada orang tua yang sesuai dengan kualifikasi peneliti serta dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: 1. Pola komunikasi orang tua di desa Panimbangjaya cenderung lebih banyak menerapkan pola komunikasi Otoriter dimana orang tua menerapkan aturan, batasan, dan kedisiplinan pada anaknya 2. Karakter anak di Desa Panimbangjaya sagat beragam, seperti keras kepala, acuh, melawan, kurang disiplin dan kurangnya ilmu agama serta juga anak yang memiliki kepercayaan yang tinggi.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pola Komunikasi, Orang Tua dan Anak, Pola Asuh, Karakter Anak
Subjek: 600 Teknologi > 640 Rumah & manajemen keluarga > 649 Anak pemeliharaan & perawatan rumah orang
Divisi: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 16 Aug 2023 06:40
Perubahan Terakhir: 01 Apr 2024 02:55
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/13023

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.