Teknik Penanganan Terapi Wicara untuk Melatih Kemampuan Bahasa Bicara Anak Tunarungu (Studi Kasus di SDIT Dauroh Curug-Tangerang)

Humaera, Siti (2017) Teknik Penanganan Terapi Wicara untuk Melatih Kemampuan Bahasa Bicara Anak Tunarungu (Studi Kasus di SDIT Dauroh Curug-Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks (COVER)
cover.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (113kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (316kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (753kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB III)
BAB III yess.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (237kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (BAB V)
BAB V yess.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (90kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (163kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Bahasa bagi manusia mempunyai peranan penting dalam menempuh kehidupannya, antara lain untuk berusaha mengembangkan diri, menyesuaikan diri, dan kontak sosial dalam memenuhi kehidupan serta proses belajarnya. Anak berkebutuhan khusus tunarungu mengalami hambatan dalam proses bicara dan bahasanya yang disebabkan oleh kelainan pendengarannya. Sebagai akibat dari terhambatnya perkembangan bicara dan bahasanya, anak tunarungu akan mengalami kelambatan dan kesulitan dalam hal-hal yang berhubungan dengan komunikasi. SDIT Dauroh Curug-Tangerang merupakan sekolah inklusi yang juga menerima siswa berkebutuhan khusus termasuk siswa tunarungu. Siswa tunarungu yang berada di SDIT Dauroh memiliki suatu kekurangan tidak dalam hal pendengaran akan tetapi kesulitan dalam berkomunikasi pun turut dialami, sehingga dari kesulitan berkomunikasi mempengaruhi bahasa bicara anak tunarungu. Akan tetapi sekolah dalam waktu satu tahun berupaya bekerja sama dengan seorang guru terapi, yang melatih setiap perkembangan siswa berkebutuhan khusus termasuk siswa tunarungu. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana kondisi bahasa bicara anak tunarungu di SDIT Dauroh?, 2) Bagaimana teknik penanganan guru terapi dalam upaya melatih kemampuan bahasa bicara anak tunarungu di SDIT Dauroh?, 3) Bagaimana efektifitas teknik penanganan guru terapi dalam melatih kemampuan bahasa bicara anak tunarungu di SDIT Dauroh? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) kondisi bahasa bicara anak tunarungu di SDIT Dauroh, 2) Teknik penanganan guru terapi dalam upaya melatih kemampuan bahasa bicara anak tunarungu di SDIT Dauroh, 3) Efektifitas teknik penanganan guru terapi dalam melatih kemampuan bahasa bicara anak tunarungu di SDIT Dauroh. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif dengan format desain deskriptif analitis, yaitu dengan menggambarkan subjek dan objek penelitian berdasarkan fakta yang ada. Sedangkan teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat simpulkan bahwa kondisi perkembangan bahasa bicara ketiga respond7en siswa tunarungu NH, FR dan RH masih dalam tahap memerlukan sebuah bantuan sebab karena faktor ketidakmampuan mendengar berakibat pada kesulitan saat komunikasi satu sama lain. Adapun penerapan teknik terapi wicara yang dilakukan oleh seorang guru terapi yaitu seperti mengasah keterampilan komunikasi siswa, mengasah artikulasi yang baik dan jelas, sampai melatih pendengaran sampai diproses hingga ke batang otak. Dengan adanya teknik penanganan terapi wicara yang telah diberikan oleh guru terapi terhadap siswa tunarungu, memiliki efektifitas tersendiri bagi masing-masing siswa tunarungu seperti mereka yang pada awalnya kurang mampu berkomunikasi dengan baik, kini mengalami suatu perubahan salah satunya dengan kemampuan mereka dapat menyusun sebuah kata dalam satu kalimat.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Teknik, Terapi Wicara, Bahasa Bicara, Tunarungu
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 370 Pendidikan > 371 Sekolah & kegiatan mereka; pendidikan khusus
Divisi: Fakultas Dakwah > Bimbingan dan Konseling Islam
User Penyetor: S.IIP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 16 Aug 2017 04:29
Perubahan Terakhir: 02 Apr 2024 04:18
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/1302

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.