KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) DALAM PENERIMAAN ORANG TUA TERHADAP ANAK TUNAGRAHITA (Studi Kasus di SKh Mathla’ul Anwar Pusat Menes Pandeglang)

WAHYUNI, SRI (2017) KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY (REBT) DALAM PENERIMAAN ORANG TUA TERHADAP ANAK TUNAGRAHITA (Studi Kasus di SKh Mathla’ul Anwar Pusat Menes Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, Uin Sultan Maulana Hasanudin Banten.

[img] Teks (COVER)
CAVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (143kB)
[img] Teks (BAB I)
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (236kB)
[img] Teks (BAB II)
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (207kB)
[img] Teks (BAB III)
BAB III.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (215kB)
[img] Teks (BAB V)
BAB V true.pdf
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (133kB)

Abstrak

Anaktunagrahitamerupakananak yang memilikiintelegensi di bawah rata-rata. Orang tua yang memilikianaktunagrahitaakanmengalamibeberapaperbedaanbaikdarisegipsikologismaupunlingkungandibandingkandengan orang tua yang memilikianak normal. Banyaknyaperbedaan yang dimilikiolehanaktunagrahitadengananaklainmembuat orang tuaengganuntukmenerimakeadaananaknyadenganikhlassehinggahaliniberpengaruhterhadappenerimaan orang tuanya. Penerimaanorang tua yang memilkianaktunagrahitasangatberagambaikdalamsegibersikap, caramengasuhdanmemperlakukananaknya. Berdasarkanlatarbelakang di atas, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerimaan orang tua terhadap anak tunagrahita? 2) Bagaimana proses penerapankonselingRational Emotive Behavior Therapy (REBT) dalammemperbaikipenerimaan orang tuaterhadapanaktunagrahita? Penelitianinibertujuan: 1) Untukmengetahuipenerimaan orang tuaterhadapanaktunagrahita 2) Untukmengetahuibagaimana proses konselingRational Emotive Behavior Therapy (REBT) dalammemperbaikipenerimaan orang tuaterhadapanaktunagrahita. Dalampenelitianinipenulismenggunakanmetodekualitatifdenganmenggambarkansubyekdanobjekberdasarkanfakta yang ada.Sedangkanteknikpengumpulandatanyadenganmenggunakanmetodeobservasi, wawancara, dokumentasidanstudikepustakaan.Jumlahpartisipan 4 orang tuaanaktunagrahita yang diperolehdengancarapurposive sampling. Adapunhasildaripenelitianiniadalah 1) penerimaan orang tuakeempatanaktunagrahita, antara lain: masihmerasamaludengankeadaananaknya, sedih,berharapanaknyabisa normal, rasa bersalah, takutdancemas, kesal, marah. Banyakhal-hal yang dilakukan orangtuaanaktunagrahitaketikaanakmerekamelakukankesalahandanmembuatkekesalanantaralain, orang tuasukamemukul, mencubitdanmembentak. Selainituadanyapikiran-pikiranirasional yang timbulmengakibatkanperlakuan yangtidaksemestinyamerekalakukanterhadapanakmereka. Hal initerjadikarenakurangnyapengetahuantentangmengasuhdanmendidikanakmereka agar perkembangandantingkahlakuanaknyajauhlebihbaik.Adapunpengaruhdaripikiranirasionaltersebutyaitumengakibatkan ayah danibumudahtersinggungdanseringberpikirannegatifterhadaplingkungannya. 2) penerapankonselingRational Emotive Behavior Therapy (REBT) dalampenerimaan orang tuaterhadapanaktunagrahitadilakukandenganbeberapatahapanantara lain: tahappertamayaitubekerjasamadengankonselidanmelakukanasessmenterhadapmasalahkonseli, tahapkedua proses menyadarkankonselisertaproses meyakinkankonselidantahapketigayaitu proses untukmengakhirikonseling.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): REBT, TUNAGRAHITA
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial
Divisi: Fakultas Ushuluddin, Dakwah Dan Adab > Bimbingan Dan Konseling Islam
User Penyetor: S.I.IP AINUN NAJAH
Tanggal Disetorkan: 16 Aug 2017 04:29
Perubahan Terakhir: 16 Aug 2017 04:29
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/1294

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.