Penerapan Pembiasaan Hadits-Hadits Untuk Mengembangkan Spiritual Anak Di RA Al-Wardah Pandeglang

Islamiah, Zakiyah Nur (2023) Penerapan Pembiasaan Hadits-Hadits Untuk Mengembangkan Spiritual Anak Di RA Al-Wardah Pandeglang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_PIAUD_191260056_Cover.pdf

Download (20kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260056_Lampiran Depan.pdf

Download (543kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260056_BAB I.pdf

Download (241kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260056_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (305kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260056_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (130kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260056_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (264kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260056_BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Teks
S_PIAUD_191260056_Daftar Pustaka.pdf

Download (159kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui spiritual anak dengan penerapan pembiasaan dalam pembelajaran hadits-hadits, spiritual anak adalah salah satu perkembangan yang memang harus dikembangkan sejak dini, dengan melakukan pembiasaan pembelajaran hadits, anak akan terus mengulang-ulang sehingga menjadi kebiasaan dan melekat pada pikirannya, artinya akan menjadi pengetahuan untuk anak dan bisa di terapkan dalam kehidupan sehari-harinya. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode kualitatif dengan jenis penilitian deskriptif, penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Analisis data menggunakan teknik pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sumber data peneliti ada dua yaitu: data primer dan data sekunder. Data primer yang terdiri dari kepala sekolah, guru kelas, guru pendamping, dan 15 anak yang terdiri dari 8 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Sedangkan data sekunder yaitu data tambahan yang diambil melalui proses kajian kepustakaan seperti artikel, jurnal, buku, ebook, dan juga penelitian terdahulu yang ada relevansinya dengan pembahasan peneliti. Judul peneliti yaitu penerapan pembiasaan hadits-hadits untuk mengembangkan spiritual anak di RA Al-Wardah Pandeglang. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasil penelitian peneliti yaitu: 1) cara penerapan pembiasaan pembelajaran hadits-hadits dalam mengembangkan spiritual pada anak yaitu pertama, dengan cara membiasakan anak untuk melafalkan hadits sebelum masuk ke tema pembelajaran dengan terus diulang-ulang setiap harinya, yaitu dengan cara guru melafalkan hadits tersebut beserta artinya dan anak mengikutinya, setelah itu guru memberikan sedikit makna dengan memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari, sehingga anak akan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Yang kedua, yaitu dengan cara memilih hadits yang tepat pada anak, karena hadits yang tepat untuk anak memiliki karakteristik seperti contohnya hadits yang pendek, mudah difahami, hadits yang memiliki makna yang memang bisa mengembangkan spiritualnya dan lain-lain. 2) Dampak dari penerapan pembiasaan pembelajaran hadits pada anak dalam perkembangan spiritual anak, yaitu dampaknya anak jadi terbiasa melafalkan hadits sehingga melekat dalam pikiran anak dan anak akan menjadi gemar dalam melafalkan hadits, selain itu banyak kandungan makna dari hadits tersebut sehingga nilai-nilai spiritual pada anak akan berkembang dan akan menjadi bekal pengetahuan untuk anak.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pembiasaan, Pembelajaran Hadits, Spiritual anak, Anak Usia Dini
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisi: Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan > Pendidika Guru Raudhatul Athfal
User Penyetor: S.Hum Prihantini Noor Akmalia
Tanggal Disetorkan: 10 Aug 2023 04:08
Perubahan Terakhir: 10 Aug 2023 04:08
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12938

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.