Islamiah, Zakiyah Nur (2023) Penerapan Pembiasaan Hadits-Hadits Untuk Mengembangkan Spiritual Anak Di RA Al-Wardah Pandeglang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PIAUD_191260056_Cover.pdf Download (20kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_191260056_Lampiran Depan.pdf Download (543kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_191260056_BAB I.pdf Download (241kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PIAUD_191260056_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (305kB) |
||
Teks
S_PIAUD_191260056_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (130kB) |
||
Teks
S_PIAUD_191260056_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (264kB) |
||
|
Teks
S_PIAUD_191260056_BAB V.pdf Download (89kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PIAUD_191260056_Daftar Pustaka.pdf Download (159kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui spiritual anak dengan penerapan pembiasaan dalam pembelajaran hadits-hadits, spiritual anak adalah salah satu perkembangan yang memang harus dikembangkan sejak dini, dengan melakukan pembiasaan pembelajaran hadits, anak akan terus mengulang-ulang sehingga menjadi kebiasaan dan melekat pada pikirannya, artinya akan menjadi pengetahuan untuk anak dan bisa di terapkan dalam kehidupan sehari-harinya. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan metode kualitatif dengan jenis penilitian deskriptif, penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Analisis data menggunakan teknik pengumpulan data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sumber data peneliti ada dua yaitu: data primer dan data sekunder. Data primer yang terdiri dari kepala sekolah, guru kelas, guru pendamping, dan 15 anak yang terdiri dari 8 anak perempuan dan 7 anak laki-laki. Sedangkan data sekunder yaitu data tambahan yang diambil melalui proses kajian kepustakaan seperti artikel, jurnal, buku, ebook, dan juga penelitian terdahulu yang ada relevansinya dengan pembahasan peneliti. Judul peneliti yaitu penerapan pembiasaan hadits-hadits untuk mengembangkan spiritual anak di RA Al-Wardah Pandeglang. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasil penelitian peneliti yaitu: 1) cara penerapan pembiasaan pembelajaran hadits-hadits dalam mengembangkan spiritual pada anak yaitu pertama, dengan cara membiasakan anak untuk melafalkan hadits sebelum masuk ke tema pembelajaran dengan terus diulang-ulang setiap harinya, yaitu dengan cara guru melafalkan hadits tersebut beserta artinya dan anak mengikutinya, setelah itu guru memberikan sedikit makna dengan memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari, sehingga anak akan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Yang kedua, yaitu dengan cara memilih hadits yang tepat pada anak, karena hadits yang tepat untuk anak memiliki karakteristik seperti contohnya hadits yang pendek, mudah difahami, hadits yang memiliki makna yang memang bisa mengembangkan spiritualnya dan lain-lain. 2) Dampak dari penerapan pembiasaan pembelajaran hadits pada anak dalam perkembangan spiritual anak, yaitu dampaknya anak jadi terbiasa melafalkan hadits sehingga melekat dalam pikiran anak dan anak akan menjadi gemar dalam melafalkan hadits, selain itu banyak kandungan makna dari hadits tersebut sehingga nilai-nilai spiritual pada anak akan berkembang dan akan menjadi bekal pengetahuan untuk anak.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Pembiasaan, Pembelajaran Hadits, Spiritual anak, Anak Usia Dini |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 10 Aug 2023 04:08 |
Perubahan Terakhir: | 10 Aug 2023 04:08 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12938 |
Actions (login required)
Lihat Item |