Mahar Menggunakan Saham Menurut Perspektif Hukum Islam dan Hukum Positif (Studi Kasus di KUA Panimbang dan KUA Sukaresmi)

Anwar, Lulu Nabila (2023) Mahar Menggunakan Saham Menurut Perspektif Hukum Islam dan Hukum Positif (Studi Kasus di KUA Panimbang dan KUA Sukaresmi). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HKI_191110110_COVER.pdf

Download (98kB)
[img] Teks
S_HKI_191110110_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (490kB)
[img] Teks
S_HKI_191110110_BAB I.pdf

Download (560kB)
[img] Teks
S_HKI_191110110_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (207kB)
[img] Teks
S_HKI_191110110_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (475kB)
[img] Teks
S_HKI_191110110_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (521kB)
[img] Teks
S_HKI_191110110_BAB V.pdf

Download (123kB)
[img] Teks
S_HKI_191110110_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (288kB)

Abstrak

Mahar sebagai pemberian dari calon mempelai pria kepada calon mempelai wanita, baik berbentuk barang, atau jasa yang tidak bertentangan dengan hukum Islam. Saham merupakan benda bergerak dalam memberikan hak sebagaimana dimaksud dalam pasal 52 kepada pemiliknya. Pada saat ini masyarakat memperbincangkan permasalahan mahar menggunakan saham praktik mahar disini mengikuti hukum Islam dan Hukum Positif yaitu mahar yang dipakai diperbolehkan atau tidak. Dalam konsep mahar menggunakan saham memiliki nilai plus minus nya dimana investasi sebuah perusahaan sewaktu-waktu anjlok atau meningkat. Perumusan masalah dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Mekanisme Mahar menggunakan Saham di KUA Panimbang dan KUA Sukaresmi? 2) Bagaimana Perspektif Hukum Islam dan Hukum Positif terkait Mahar menggunakan Saham?. Tujuan penelitian penelitian ini adalah: 1) Untuk Mengetahui Mekanisme Mahar menggunakan Saham di KUA Panimbang dan KUA Sukaresmi. 2) Untuk Mengetahui Perspektif Hukum Islam dan Hukum positif terkait Mahar menggunakan Saham. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan empiris, dengan analisi sumber data yaitu data primer yang diperoleh dari wawancara kepada informan dan pihak KUA, data sekunder diperoleh dari buku-buku dan jurnal yang relevan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan: 1) Mekanisme mahar nikah menggunakan saham di Kantor Urusan Agama Panimbang dan Sukaresmi adalah pertama pihak yang akan memberikan mahar dan pihak yang akan menerima mahar harus menentukan nilai saham yang akan dijadikan sebagai mahar, kemudian pembuatan akad, kemudian setelah saham berhasil dipindahkan maka memuat rincian saham yang akan dijadikan mahar dan terakhir pelaksanaan akad setelah akad dibuat. 2) Mahar menggunakan saham dalam Hukum Islam dapat dibenarkan jika saham tersebut diperoleh dan digunakan secara halal, dan tidak bertentangan dengan prinsip-prinsip Syariah. Dalam hal ini menurut Islam mahar menggunakan saham BBCA dan BBRI dalam hal dividen tidak termasuk dalam prinsip Syariah, saham yang tidak termalsuk dallalm Faltwal MUI. Dalam kasus pernikahan ini mahar yang digunakan tidak dibolehkan menurut Hukum Islam, karena saham yang digunakan tidak termasuk dalam Fatwa MUI DSN No. 40. Tetapi dalam Hukum Positif Malhalr menggunalkaln Salhalm dalpalt dibenalrkaln jikal salhalm tidalk dallalm melalnggalr UU, salhalm yalng tidalk memiliki izin, kemudialn salhalm yalng dalpalt merugikaln malsyalralkalt. Saham yang digunakan dipernikahan ini diperbolehkan karena saham yang termasuk dalam LQ45.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Mahar Menggunakan Saham, Hukum Islam, Hukum Positif
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat > 2x4.31 Nikah > 2x4.313 Mahar
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 10 Aug 2023 03:39
Perubahan Terakhir: 10 Aug 2023 03:39
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12936

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.