Poligami Perspektif Husein Muhammad

Lutfiah, Lutfiah (2023) Poligami Perspektif Husein Muhammad. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HKI_191110095_COVER.pdf

Download (78kB)
[img] Teks
S_HKI_191110095_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (508kB)
[img] Teks
S_HKI_191110095_BAB I.pdf

Download (446kB)
[img] Teks
S_HKI_191110095_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (575kB)
[img] Teks
S_HKI_191110095_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (292kB)
[img] Teks
S_HKI_191110095_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (218kB)
[img] Teks
S_HKI_191110095_BAB V.pdf

Download (159kB)
[img] Teks
S_HKI_191110095_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)

Abstrak

Pernikahan adalah ikatan yang sangat kuat atau miitsaaqan gholidhan anatara seorang laki-laki kepada seorang perempuan untuk menjadi suami isteri dengan tujuan membentuk keluarga atau rumah tangga yang bahagia, kekal berdasarkan ketuhanan yang Maha Esa. Banyak perkawinan dimulai dengan cinta tetapi berujung dengan konflik. Adapun konflik yang sering terjadi dalam perkawinan, sebagai berikut: masalah ekonomi (financial), kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), komunikasi yang buruk antara suami-istri, perselingkuhan dan yang paling sering ditemukan menjadi perbincangan dimasyarakat adalah poligami Perumusan masalah dari penelitian ini adalah: 1) bagaimana pemikiran Husein Muhammad tentang Poligami 2) bagaimana analisis pemikiran Husein Muhammad tentang Poligami Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui pemikiran Husein Muhammad tentang Poligami 2) untuk mengetahui analisis pemikiran Husein Muhammad tentang Poligami Adapun jenis penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research) Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan filosofis, yuridis, dan historis. Sedangkan sifat penelitian ini adalah kualitatif dan dilakukan menggunakan teknik pengumpulan data dan cara mengamati pada sumber-sumber tertentu, menelaah buku-buku artikel atau lainya yang bersangkutan dengan skripsi ini. Kemudian data yang sudah diperoleh dianalisis menggunakan teknik deskriptif analisis kitis Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. Husein Muhammad menyimpulkan bahwa poligami hukumnya diperbolehkan, tetapi beliau lebih memperketat syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh seseorang yang berpoligami. syarat yang diperketat adalah dalam hal seseorang yang berpoligami terhadap istri-istrinya. Penafsiran Husein Muhammad terhadap keadilan yang harus ditegakkan adalah keadilan secara material (al qist) dan mental psikologis (al-adl). Dan Husein Muhmmad menjelaskan bahwa keadilan tersebut (mental-psikologis) sulit untuk diwujudkan oleh seseorang yang berpoligami. Husein Muhammad juga mengkritik kelompok-kelompok yang menggunakan alasan menghindari zina dan berdasarkan populasi prempuan yang lebih banyak daripada laki-laki untuk berpoligami. 2. Analisis Pemikiran Husein Muhammad jika dilihat dari jangka panjang adalah sebagai upaya yang dilakukan untuk menutup pintu poligami secara perlahan dengan memperketat syarat-syaratnya. Pada akhirnya monogami akan menjadi satu-satunya jalan yang bisa ditempuh seseorang. Karena menurut Husein Muhammad puncak atau kehendak dari Allah Swt adalah monogami dan hal tersebut harus diperjuangkan secara terus menerus. Selanjutnya pemikiran Husein Muhammad adalah sebuah upaya untuk melakukan perubahan hukum Islam yang terus dilakukan dengan melihat kondisi yang terjadi di masyarakat. Kesimpulan hukum yang diberikan Husein Muhammad juga tidak tergesa-gesa dan juga tidak terpaku pada ulama klasik.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat > 2x4.31 Nikah > 2x4.315 Poligami dan poliandri
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 09 Aug 2023 06:48
Perubahan Terakhir: 09 Aug 2023 06:48
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12913

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.