Keengganan Memiliki Keturunan (Childfree) dan Akibatnya Perspektif Hukum Islam

Rakhmawati, Hesti (2023) Keengganan Memiliki Keturunan (Childfree) dan Akibatnya Perspektif Hukum Islam. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HKI_191110098_COVER.pdf

Download (200kB)
[img] Teks
S_HKI_191110098_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_HKI_191110098_BAB I.pdf

Download (680kB)
[img] Teks
S_HKI_191110098_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (792kB)
[img] Teks
S_HKI_191110098_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (451kB)
[img] Teks
S_HKI_191110098_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (570kB)
[img] Teks
S_HKI_191110098_BAB V.pdf

Download (364kB)
[img] Teks
S_HKI_191110098_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (399kB)

Abstrak

Pernikahan adalah meyatukan dua orang insan, laki-laki dan perempuan dalam sebuah akad yang sangat kuat untuk menjalani apa yang diperintahkan Allah SWT dan mengikuti sunnatullah. Pernikahan juga bertujuan untuk menjadikan keluarga yang sakinah, mawaddah, warrahmah, salah satu cara terciptanya keluarga yang sakinah, mawaddah warrahmah adalah dengan adanya kehadiran anak di tengah-tengah keluarga. Tetapi di era zaman sekarang banyak pasangan suami istri yang memilih enggan untuk memiliki keturunan (childfree), childfree adalah istilah yang digunakan untuk seseorang atau pasangan suami istri yang enggan memiliki keturunan. Perumusan masalah dari penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Perspektif Hukum Islam Mengenai Keengganan Memiliki Keturunan (childfree) ? 2) Bagaimana akibat hukum keengganan memiliki keturunan (childfree) dalam Hukum Keluarga Islam?. Tujuan penelitian penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana pandangan hukum islam tentang suami istri yang enggan, tidak menginginkan atau menunda memiliki anak. 2) Untuk Mengetahui bagaimana akibat dari hukum keengganan memiliki keturunan (childfree) dalam Hukum Keluarga Islam. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat pustaka (Library research) dengan menggunakan pendekatan induktif, dengan analisi sumber data yaitu data primer yang diperoleh dari beberapa buku ataupun kitab, data sekunder diperoleh dari buku-buku dan jurnal yang relevan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan cara pemeriksaan data dan menarik kesimpulan (finding). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan: 1) Dalam Islam tidak ada dalil dalam Al-Qur’an maupun Hadits yang melarang seseorang secara mutlak untuk melakukan atau memilih childfree, tetapi Islam menganjurkan kepada umat muslim untuk memiliki keturunan dari hasil perkawinan. Untuk menempatkan posisi childfree dalam hukum Islam, terlebih dahulu perlu ditentukan illat hukumnya. Daalam Maqashid Al-Syari’ah posisi illat yang berbeda akan menghasilkan hukum yang berbeda pula. Jika illat hukumnya telah memenuhi kategori dharuriyat, maka childfree atau keengganan memiliki keturunan dapat diperbolehkan. Sebaliknya jika seseorang khawatir kondisi tubuhnya akan berubah setelah hamil dan memiliki anak, kemudian ini memutuskan untuk tidak memiliki anak, maka hal tersebut tidak bisa dibenarkan. Ataupun dengan alasan mengganggu karir itupun tidak bisa dibenarkan. Hukum Childfree juga dilihat dari bagaimana cara pasangan suami melakukannya, diantaranya: ‘Azl dalam pandangan Al-Ghazali diperbolehkan, childfree dengan penggunaan alat kontrasepsi permanen, childfree dengan penggunaan alat kontrasepsi non permanen. 2) Dalam Hukum Keluarga islam childfree memiliki beberapa akibat hukum diantaranya kewajiban memenuhi tujuan perkawinan, tanggung jawab atas keberlangsungan hidup dan perkara pewarisan harta.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Childfree, Hukum Islam, Akibat Hukum
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat > 2x4.39 Aspek munakahat lainnya
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 09 Aug 2023 06:29
Perubahan Terakhir: 09 Aug 2023 06:29
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12909

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.