Kedudukan Hukum Hadhanah di Bawah Umur oleh Ayahnya Karena Perceraian Perspektif Hukum Islam dan Hukum Positif (Studi Kasus di Kelurahan Kaduagung Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang Banten)

Sumirat, Reren (2023) Kedudukan Hukum Hadhanah di Bawah Umur oleh Ayahnya Karena Perceraian Perspektif Hukum Islam dan Hukum Positif (Studi Kasus di Kelurahan Kaduagung Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HKI_191110135_COVER.pdf

Download (213kB)
[img] Teks
S_HKI_191110135_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (538kB)
[img] Teks
S_HKI_191110135_BAB I.pdf

Download (553kB)
[img] Teks
S_HKI_191110135_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (426kB)
[img] Teks
S_HKI_191110135_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (654kB)
[img] Teks
S_HKI_191110135_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (492kB)
[img] Teks
S_HKI_191110135_BAB V.pdf

Download (285kB)
[img] Teks
S_HKI_191110135_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (239kB)

Abstrak

Hadhanah merupakan kewajiban orang tua terhadap anak. Setelah terjadi perceraianpun orang tua tetap berkewajiban untuk memelihara dan mendidik anak-anaknya. Adapun jika anak masih di bawah umur yang berhak melakukan hadhanah adalah ibu karena ibu lebih mengetahui, mengerti dan mampu mendidik anak. Kesabaran ibu juga lebih besar daripada ayah dan ibu memiliki waktu yang lebih untuk mengasuh anak. Dan setelah anak itu sudah mumayyiz boleh memilih untuk diasuh oleh ibu atau ayahnya. Akan tetapi tidak jarang pasca terjadi perceraian ayah yang melakukan pengasuhan anak di bawah umur dan itu terjadi karena berbagai alasan. Berdasarkan latar belakang di atas, rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1. Bagaimana pelaksanaan hadhanah di bawah umur oleh ayahnya karena perceraian yang terjadi di Kelurahan Kaduagung Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang? 2. Bagaimana kedudukan hukum hadhanah di bawah umur oleh ayahnya karena perceraian yang terjadi di Kelurahan Kaduagung menurut hukum Islam dan hukum positif ? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui pelaksanaan hadhanah di bawah umur oleh ayahnya karena perceraian yang terjadi di Kelurahan Kaduagung Kecamatan Tigaraksa Kabupaten Tangerang? 2. Untuk mengetahui kedudukan hukum hadhanah di bawah umur oleh ayahnya karena perceraian yang terjadi di Kelurahan Kaduagung menurut hukum Islam dan hukum positif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan langsung di Kelurahan Kaduagung untuk mengetahui secara jelas apa yang terjadi di lokasi penelitian dan pengumpulan data dalam penelitian lapangan ini menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah : 1. Pelaksanaan hadhanah di bawah umur yang dilakukan oleh ayah di Kelurahan Kaduagung terjadi karena mantan istri atau ibu si anak dinilai tidak berkelakuan baik. Dan apabila hadhanah tetap dilakukan maka khawatir akan mendatangkan kemudharatan bagi si anak. Sehingga hadhanah tersebut dilakukan oleh pihak ayah dengan tidak membuat si anak kehilangan hak-haknya sebagai anak. 2. Menurut hukum Islam hadhanah di bawah umur oleh ayahnya karena perceraian yang terjadi di Kelurahan Kaduagung Kecamatan Tigaraksa boleh dilakukan karena melihat kepentingan si anak dan merupakan salah satu pemeliharaan terhadap jiwa atau Hifdz An-Nafs. Sedangkan menurut hukum positif, hadhanah di bawah umur ini jelas tidak sesuai dengan prosedur peraturan perundang undangan. Pelaku hadhanah di bawah umur tidak melakukan perceraian melalui pengadilan dan hadhanah dilakukan tidak berdasarkan keputusan hakim.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 09 Aug 2023 06:12
Perubahan Terakhir: 09 Aug 2023 06:15
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12906

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.