PEMIKIRAN KH. ABDUL WAHAB HASBULLAH TENTANG DAKWAH ISLAMIYAH

Lestari, Ani (2015) PEMIKIRAN KH. ABDUL WAHAB HASBULLAH TENTANG DAKWAH ISLAMIYAH. Diploma atau S1 thesis, IAIN SMH Banten.

[img]
Pra Tinjau
Teks
CAVER.pdf

Download (148kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR ISI.pdf

Download (159kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
PENGESAHAN.pdf

Download (348kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB 1.pdf

Download (375kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB 2.pdf

Download (271kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB 3.pdf

Download (488kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB 4.pdf

Download (388kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
BAB 5.pdf

Download (75kB) | Pra Tinjau
[img]
Pra Tinjau
Teks
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (129kB) | Pra Tinjau

Abstrak

Usaha penyebarluasan Islam dan realisasi terhadap ajarannya adalah melalui dakwah, kewajiban dakwah adalah berlaku untuk tiap-tiap pribadi muslim, sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Tetapi dari sekian banyak pribadi muslim tersebut, hendaknya ada segolongan pribadi muslim yang mempunyai strategi dakwah yang profesional. KH. A. Wahab Hasbullah disamping orang yang mendapat gelar Pahlawan Nasional dari pemerintah pada 7 November 2014 lalu, bapak pendiri NU, dan ulama termasyhur juga memiliki kepribadian yang langka dimiliki orang lain. KH. A. Wahab Hasbullah merupakan sosok tokoh NU dalam praktik. Suatu kombinasi yang sangat integral dan kombinatif mulai dari ketakwaan, keilmuan, akhlak, dedikasi, serta loyalitas yang tinggi pada agama, bangsa dan NU. Apa yang dilakukan beliau baik dalam bersikap, berorganisasi, dan bertindak tidak lain adalah gambaran dakwah melalui media yang beliau lakoni. Berdasarkan latar belakang diatas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana pemikiran K.H Abdul Wahab Hasbullah tentang Da’i dan Mad’u dakwah Islamiyah? 2. Bagaimana metode K.H Abdul Wahab Hasbullah dalam meyebarkan dakwah Islamiyah? 3. Bagaimana pemikiran K.H Abdul Wahab Hasbullah tentang media dakwah Islamiyah? Adapun tujuan yang hendak dicapai adalah: 1. Untuk mengetahui pemikiran K.H Abdul Wahab Hasbullah tentang Da’i dan Mad’u dakwah Islamiyah. 2. Untuk mengetahui metode K.H Abdul Wahab Hasbullah dalam meyebarkan dakwah Islamiyah. 3. Untuk mengetahui pemikiran K.H Abdul Wahab Hasbullah tentang media dakwah Islamiyah. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif sedangkan tekhnik pengumpulan datanya dengan menggunakakan library research, yaitu kepustakaan dengan cara menelaah semua buku-buku atau literatur yang ada relevansinya dengan permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini. Dari hasil pembahasan ini, maka dapat disimpulkan bahwa: 1) pemikiran KH. Wahab Hasbullah tentang Da’i dan Mad’u dakwah Islamiyah adalah: a). Tak kenal menyerah, pekerja keras, dan bersifat terbuka; b). Luwes dan berpengetahuan; c). Nyentrik, humoris, dan percaya diri; d). Ramah dan pandai bergaul. 2) pemikiran KH. Wahab Hasbullah tentang metode dakwah Islamiyah adalah: a). Metode dakwah melalui nilai-nilai Ahlusunnah Waljamaah; b). metode dakwah melalui kebebasan berpikir dan berpendapat. 3) pemikiran KH. Wahab Hasbullah tentang media dakwah Islamiyah adalah: a). membangun pesantren, sebagai agent social of change; b). Mendirikan organisasi umat Islam agar tidak terpecah belah; c). Mendirikan sebuah percetakan surat kabar agar lebih efektif dalam menyebarkan syariat Islam.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Dakwah, islamiyah, Strategi Dakwah
Subjek: 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam
2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.2 Da’wah Islam > 2x7.21 Fungsionaris da’wah, wali, ulama, kiai, dai
Divisi: Fakultas Ushuluddin, Dakwah Dan Adab > Komunikasi Dan Penyiaran Islam
User Penyetor: S.IPI Tsulatsiah Andi
Tanggal Disetorkan: 03 Mar 2017 03:01
Perubahan Terakhir: 06 Mar 2017 02:31
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/129

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.