Implementasi Filantropi Islam dalam Al-Qur’an di Masa Pandemi (Studi Kajian Tafsir Jami’ al-Bayan Fi Ta’wil al-Qur’an Karya Imam At-Tabari)

Aprilia, Lu'lu (2023) Implementasi Filantropi Islam dalam Al-Qur’an di Masa Pandemi (Studi Kajian Tafsir Jami’ al-Bayan Fi Ta’wil al-Qur’an Karya Imam At-Tabari). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_IAT_181320083_COVER.pdf

Download (423kB)
[img] Teks
S_IAT_181320083_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Teks
S_IAT_181320083_BAB I.pdf

Download (615kB)
[img] Teks
S_IAT_181320083_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (747kB)
[img] Teks
S_IAT_181320083_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_IAT_181320083_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_IAT_181320083_BAB V.pdf

Download (595kB)
[img] Teks
S_IAT_181320083_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (467kB)

Abstrak

Filantropi Islam tema ini urgen dikaji karena dengan mengelaborasikan ayat-ayat Al-Qur’an yang terkait dengannya (zakat, infak, sedekah, dan wakaf) akan ditemukan beberapa aspek yang saling bertautan yaitu bagaimana ajaran Islam ini memberikan solusi kepada masyarakat khususnya dalam mengoptimalkan dan memperdayakan potensi materi atau modal sosial yang dimiliki untuk menyejahterakan manusia. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1). Bagaimana pandangan Islam tentang filantropi dan pandemi? 2). Bagaimana penafsiran Muhammad Bin Jarir Bin Yazid At-Thabari dalam Kitab Tafsir Jami al-Bayan Fi Ta’wil al-Qur’an? 3). Bagaimana implementasi filantropi Islam menurut penafsiran Muhammad Bin Jarir Bin Yazid At-Thabari dalam Kitab Tafsir Jami al-Bayan Fi Ta’wil Al-Qur’an? Adapun tujuan skripsi ini adalah: 1). Untuk mengetahui penafsiran Ayat-Ayat Al-Qur’an mengenai filantropi Islam dan Pandemi. 2). Untuk mengetahui penafsiran Muhammad Bin Jarir Bin Yazid At-Thabari dalam Kitab Tafsir Jami al-Bayan Fi Ta’wil Al-Qur’an. 3). Implementasi filantropi Islam menurut penafsiran Muhammad Bin Jarir Bin Yazid At-Thabari dalam Kitab Tafsir Jami al-Bayan Fi Ta’wil Al-Qur’an di masa pandemi. Dalam skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian kepustakaan (Library research) yaitu mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan bermacam-macam materi, selanjutnya bahan-bahan penelitian ini diperoleh dari data-data kepustakaan baik primer maupun sekunder. Filantropi merupakan konsep universal, artinya kegiatan ini berasaskan kemanusiaan. Meskipun bersifat universal, banyak agama mendirikan Lembaga filantropi berasaskan dengan keyakinan dan perintah agamanya masing-masing. Dan Lembaga filantropi Islam didirkan berlandaskan Al-Qur’an dan Hadis. Mengenai penyantunan kaum dhuafa dan anak yatim. Filantropi Islam ada yang berorientasi pada pengentasan kemiskinan dalam jangka pendek dan jangka panjang, jangka pendek misalnya memberikan bantuan yang bersifat konsumtif sekali pakai habis. Adapun yang bersifat jangka panjang dengan memberikan bantuan yang bisa dimanfaatkan dalam waktu yang lama untuk meningkatkan pendapatan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Filantropi, Pandemi, Al-Qur’an, Imam At-Thabari
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.3 Tafsir Al-Quran
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Alquran Dan Tafsir
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 09 Aug 2023 02:44
Perubahan Terakhir: 09 Aug 2023 02:44
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12892

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.