Budaya Hustle Culture dalam Perspektif Al-Qur’an Kajian Tafsir Tematik

Junengsih, Junengsih (2023) Budaya Hustle Culture dalam Perspektif Al-Qur’an Kajian Tafsir Tematik. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_IAT_191320114_Cover.pdf

Download (76kB)
[img] Teks
S_IAT_191320114_Lampiran Depan.pdf

Download (759kB)
[img] Teks
S_IAT_191320114_Bab I.pdf

Download (725kB)
[img] Teks
S_IAT_191320114_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (424kB)
[img] Teks
S_IAT_191320114_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_IAT_191320114_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (904kB)
[img] Teks
S_IAT_191320114_Bab V.pdf

Download (156kB)
[img] Teks
S_IAT_191320114_Daftar Pustaka.pdf

Download (244kB)

Abstrak

Muncul fenomena dikalangan generasi millenial saat ini yang disebut Budaya Hustle culture sebagai budaya „gila kerja‟ yang mempengaruhi pola pikir masyarakat bahwa banyak bekerja maka banyak pula uang yang akan dihasilkan. Hustle culture didefinisikan sebagai cara bekerja yang tidak lagi memiliki standar jam kerja, mereka harus bekerja dalam waktu yang sangat lama secara terus-menerus sehingga berdampak pada kesehatan mental dan juga hubungan sosialnya. oleh karena itu, bagaimana masyarakat Islam memandang budaya hustle culture dan bagaimana penjelasan dalam ayat-ayat Al-Qur‟annya. Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1). Apa saja ayat-ayat yang berkaitan dengan budaya hustle culture? 2). Bagaimana pandangan masyarakat terhadap budaya hustle culture? 3). Bagaimana etika kerja yang ideal menurut Islam? Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui ayat-ayat yang berkaitan dengan budaya hustle culture 2). Untuk mengetahui pandangan masyarakat terhadap budaya hustle culture dan untuk memahami etika kerja yang ideal menurut Islam. Dalam skripsi ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif yaitu mengumpulkan data informasi dengan bemacam-macam materi dan juga penyebaran kuesioner melalui google form kemudian selanjutnya menggunakan metode penafsiran tematik dengan menghimpun ayat-ayat sesuai dengan tema terkait. Hasil dari skripsi ini, sebagai berikut: dari hasil penelitian melalui kuesioner bahwa masyarakat beranggapan budaya hustle culture bisa berdampak negative dan juga positif, melihat dari sudut pandangnya masing-masing bahwa hustle culture berdampak negative jika bekerja terlalu berlebihan sampai tidak mempedulikan kesehatan dan juga hubungan sosialnya dan dianggap positif jika hustle culture bisa menjadi dorongan semangat pekerja sebagai perilaku ethos kerja yang tinggi. Dalam ayat Al-Qur‟an menjelaskan tentang perilaku hustle culture dilihat dari sisi negatif dan positif. Dalam Al-Qur‟an terdapat ayat Al-Qur‟an yang menjelaskan perilaku hustle culture dari sisi negative dan positifnya. Perilaku negative hustle culture dijelaskan dalam ( Q,S At-takātsur:1-2), (Q.S Al-anbiyā :37), (Q.S Al-Baqarah:96). Dan perilaku positif hustle culture dijelaskan dalam (Q.S Al-Al-isra‟: 84), (Q,S An-Nisā:95), (Q.S An-najm:39-40). Selain itu, Al-Qur‟an juga membahas bagaimana etika kerja yang baik dalam Islam sebagai pedoman bagi pekerja agar tidak terjebak ke dalam perilaku negative hustle culture.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x1 Al Quran dan ilmu yang terkait > 2x1.3 Tafsir Al-Quran
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Alquran Dan Tafsir
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 07 Aug 2023 08:35
Perubahan Terakhir: 07 Aug 2023 08:35
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12883

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.