Hedonisme dalam Perspektif Hadis (Studi Hadis Tematik Gaya Hidup Hedonisme)

Amalia, Shafira (2023) Hedonisme dalam Perspektif Hadis (Studi Hadis Tematik Gaya Hidup Hedonisme). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_IH_191370053_Cover.pdf

Download (95kB)
[img] Teks
S_IH_191370053_Lampiran Depan.pdf

Download (663kB)
[img] Teks
S_IH_191370053_Bab I.pdf

Download (378kB)
[img] Teks
S_IH_191370053_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (362kB)
[img] Teks
S_IH_191370053_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (521kB)
[img] Teks
S_IH_191370053_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (570kB)
[img] Teks
S_IH_191370053_Bab V.pdf

Download (156kB)
[img] Teks
S_IH_191370053_Daftar Pustaka.pdf

Download (251kB)

Abstrak

Hedonisme merupakan gaya hidup yang mengarahkan aktifitas kehidupannya untuk mencari kesenangan diri dalam hidup dan menjadikan harta dunia sebagai tujuan utama. Sehingga hedonisme pada saat ini sudah merusak tatanan masyarakat muslim. Supaya bisa kembali sesuai fitrahnya maka diperlukan pemahaman mengenai hadis-hadis gaya hidup hedonisme, salah satunya dengan menggali hadis-hadis hedonisme. Dan Rasulullah Saw pun telah memperingatkan dalam hadis-h[adisnya terkait gaya hidup hedonisme. Terdapat tiga permasalahan yang penulis kaji: 1) Hadis-hadis apa saja yang menjelaskan gaya hidup hedonisme? 2) Bagaimana pemahaman ulama terhadap hadis-hadis hedonisme? 3) Bagaimana Rasulullah Saw memberikan cara untuk tidak bersikap hedon dalam kehidupan?. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui hadis-hadis apa saja yang termasuk gaya hidup hedonisme. 2) Mengetahui bagaimana pemahaman ulama terhadap hadis-hadis hedonism 3) Memberikan cara gaya hidup yang dicontohkan Rasulullah Saw untuk tidak bersikap hedon dalam kehidupan. Metode penelitian yang penulis gunakan untuk menjawab permasalahan tersebut adalah kajian kepustakaan (library research), dengan menggunakan jenis metode kualitatif dan studi kajian hadis tematik. Yaitu sebuah kajian terhadap berbagai hadis dengan tema yang sama, kualitas hadis dapat diterima, kemudian dianalisa menggunakan metode pemahaman hadis Syuhudi Ismail yang penulis terapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hadis tentang gaya hidup hedonisme yang dikelompokkan berdasarkan karekteristiknya yaitu (1) hadis tentang materialisme terdapat 7 hadis yaitu: Imām Ahmad No.1747, Ibnu Majāh No.4116, Muslim No.1048, 1047, dan 1051 dan Bukhari No.1396 dan 6435. (2) Hadis tentang konsumerisme terdapat 6 hadis yaitu: Muslim No.2534, Ibnu Mājah No.3605, Abu Dawud 4608, Imām Ahmad No.12394, Bukhari No.6108, dan Imām Tirmiziy No.2376. (3) Hadis tentang egois terdapat 3 hadis yaitu: Bukhari No.4075, 3408, dan Muslim No.1834. (4) Hadis tentang superfisial terdapat 3 hadis yaitu: Muslim No.2564, Imām Tirmiziy No. 2513 dan Imām Ahmad No.7319. Para ulama berpendapat, seperti Al-Thibi bahwa harta itu menarik bagi hati sehingga jiwa cenderung mengejarnya dan merasakan kesenangannya, Abdul Latif Al-Baghdadi juga berkata sesungguhnya berlebihan (boros) terhadap harta benda atau dalam segala hal akan membahayakan kehidupan dan membawa dampak negatif seperti sifat tercela. Al-Qadi’iyad mengatakan bahwa hendaklah berakhlak baik sebagaimana yang diajarkan Nabi Muhammad Saw. Nabi Saw merupakan teladan yang baik bagi umatnya sehingga dalam kehidupannya ia mencontohkan untuk mengontrol diri, hidup sederhana, qana’ah, beramal shaleh dan istiqamah.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Hedonisme, Hadis Tematik, Gaya hidup
Subjek: 2x2 Hadist dan ilmu yang terkait
Divisi: Fakultas Ushuluddin dan Adab > Ilmu Hadits
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 04 Aug 2023 07:55
Perubahan Terakhir: 04 Aug 2023 07:55
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12862

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.