Implementasi Prinsip Ta’awun pada Akad Tabarru’ Terhadap Jaminan Kesehatan Peserta Asuransi Syariah Studi Kasus pada PT. Sun Life Financial Cabang Kota Tangerang

Fitriyah, Ita (2023) Implementasi Prinsip Ta’awun pada Akad Tabarru’ Terhadap Jaminan Kesehatan Peserta Asuransi Syariah Studi Kasus pada PT. Sun Life Financial Cabang Kota Tangerang. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_AS_191430095_Cover.pdf

Download (103kB)
[img] Teks
S_AS_191430095_Lampiran Depan.pdf

Download (516kB)
[img] Teks
S_AS_191430095_Bab I.pdf

Download (566kB)
[img] Teks
S_AS_191430095_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (426kB)
[img] Teks
S_AS_191430095_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (372kB)
[img] Teks
S_AS_191430095_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (589kB)
[img] Teks
S_AS_191430095_Bab V.pdf

Download (83kB)
[img] Teks
S_AS_191430095_Daftar Pustaka.pdf

Download (152kB)

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh prinsip ta’awun pada akad tabarru’ dalam sistem asuransi syariah, diketahui bahwa dana tabarru’ akan menjadi hak peserta jika mengajukan klaim. Pada PT. Sun Life Financial cabang Kota Tangerang terdapat produk yang terdapat pada akad tabarru’. Rumusan masalah ini adalah Bagaimana implementasi prinsip ta’awun pada akad tabarru’ terhadap jaminan kesehatan peserta asuransi syariah studi kasus pada pt. sun life financial cabang kota tangerang. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Bagaimana implementasi prinsip ta’awun pada akad tabarru’ terhadap jaminan kesehatan peserta asuransi syariah studi kasus pada pt. sun life financial cabang kota tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yaitu menggambarkan hasil pengamatan dan wawancara dengan berbagaai narasumber kemudian dilakukan analisa serta membuat sebuah kesimpulan dan saran-saran berdasarkan hasil pembahasan dengan mengembangkan hasil wawancara dan observasi yang telah dilakukan peneliti diuraikan. Adapun data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang diperuleh dari PT. Sun Life Financial Cabang Kota Tangerang. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi prinsip ta’awun atau prinsip tolong menolong antar peserta asuransi syariah sudah sesuai dengan prinsip ta’awun. Faktor utama yang menyebabkan terlaksananya penerapan prinsip ta’awun ini adanya mekanisme pengelolaan dana tabarru’ yang merupakan dana dari peserta asuransi syariah dana tersebut dikumpulkan secara kolektif menjadi satu kemudian digabungkan pada rekening khusus dana tabarru’. Prosedur akad tabarru’ terjadi Sharing of risk dari peserta ke peserta, karena dalam praktek kontribusi premi yang dibayarkan oleh peserta Sharing of risk status kepemilikan dana tersebut tetap melekat pada peserta sebagai sahib al-mal.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Prinsip Ta’awun dan Akad Tabarru’
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 360 Sosial masalah & layanan sosial > 368 Asuransi
Divisi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Asuransi Syari'ah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 03 Aug 2023 08:17
Perubahan Terakhir: 03 Aug 2023 08:17
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12831

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.