Hamdani, Moh. Dadan (2023) Implementasi Metode Tikrar Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Santri (Studi Penelitian di Pondok Pesantren Nurul Iman Kampung Gintung Kecamatan Panggarangan Lebak Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.
|
Teks
S_PAI_191210148_Cover.pdf Download (46kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210148_Lampiran Depan.pdf Download (1MB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210148_BAB I.pdf Download (202kB) | Pra Tinjau |
|
Teks
S_PAI_191210148_BAB II.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (354kB) |
||
Teks
S_PAI_191210148_BAB III.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (178kB) |
||
Teks
S_PAI_191210148_BAB IV.pdf Restricted to Hanya staf repositori Download (438kB) |
||
|
Teks
S_PAI_191210148_BAB V.pdf Download (90kB) | Pra Tinjau |
|
|
Teks
S_PAI_191210148_Daftar Pustaka.pdf Download (163kB) | Pra Tinjau |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi metode tikror dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-qur'an Santri di Pondok Pesantren Nurul Iman Kampung Gintung Kecamatan Panggarangan Lebak Banten. Penelitian ini berjenis kualitatif yang mengambil data deskriptif berupa kata-kata atau wawancara langsung dengan pimpinan pondok, pengurus pondok, dan beberapa santri serta didukung dari hasil pengamatan observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data, peneliti menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan santri dalam melafadzkan bacaan Al-Qur’an, pihak pondok mempunyai rencana untuk mengklasifikasikan kemampuan santri yang kurang fasih dan yang sudah fasih agar pembelajaran lebih terealisasikan. Selain itu Strategi Implementasi Metode Tikror Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Santri yaitu (1). Mentikrarkan Ayat-ayat Al-Qur’an di Hadapan Pimpinan atau Pengurus Pondok, (2). Mentikrarkan Ayat-ayat Al-Qur’an Bersama-sama, (3). Waktu Mentikrar Pembelajaran Membaca Al-Qur’an. Adanya faktor pendukung: (1) Pengayaan bahan ajar seperti Al-Qur’an, Iqra dan buku tajwid, (2). Sarana prasarana seperti aula sebagai pusat kegiatan belajar santri. Ditemukan juga faktor penghambat: (1). Keinginan Untuk Melanjutkan Ke Ayat Selanjutnya tanpa memperhatikan Ayat sebelumnya, (2). Adanya Rasa Malas, Jenuh Dan Bosan Karena Rutinitas.
Tipe Item/Data: | Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1) |
---|---|
Kata Kunci (keywords): | Metode Tikrar, Kemampuan Membaca, Al-Qur’an |
Subjek: | 2x7 Filsafat dan perkembangannya > 2x7.3 Pendidikan > 2x7.34 Pendidikan non formal, masukkan disini pesantren |
Divisi: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
User Penyetor: | S.Hum Prihantini Noor Akmalia |
Tanggal Disetorkan: | 03 Aug 2023 07:40 |
Perubahan Terakhir: | 03 Aug 2023 07:40 |
URI: | http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12824 |
Actions (login required)
Lihat Item |