Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penerapan Akad Ija rah dan Manajemen Risiko pada Produk Pembiayaan Multijasa (Studi Kasus di Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia Cabang Cipocok Kota Serang)

Salsyabila, Rhesa (2023) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Penerapan Akad Ija rah dan Manajemen Risiko pada Produk Pembiayaan Multijasa (Studi Kasus di Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia Cabang Cipocok Kota Serang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HES_181130068_COVER.pdf

Download (107kB)
[img] Teks
S_HES_181130068_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (628kB)
[img] Teks
S_HES_181130068_BAB I.pdf

Download (493kB)
[img] Teks
S_HES_181130068_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (248kB)
[img] Teks
S_HES_181130068_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (525kB)
[img] Teks
S_HES_181130068_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (353kB)
[img] Teks
S_HES_181130068_BAB V.pdf

Download (155kB)
[img] Teks
S_HES_181130068_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (694kB)

Abstrak

Setiap pembiayaan yang dilakukan oleh lembaga keuangan pada dasarnya tidak terlepas dari risiko. Salah satunya produk pembiayaan multijasa, pembiayaan ini akan terekspos risiko apabila anggota pembiayaan melakukan wanprestasi. Timbulnya risiko pada produk pembiayaan multijasa ini dapat mempengaruhi kinerja Kopsyah BMI cabang Cipocok, maka dari itu perlu adanya penerapan manajemen risiko untuk mengurangi risiko. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, perumusan masalahnya adalah: 1) Bagaimana penerapan akad Ijarah pada produk pembiayaan multijasa di Kopsyah BMI cabang Cipocok Kota Serang. 2) Bagaimana manajemen risiko pada produk pembiayaan multijasa di Kopsyah BMI cabang Cipocok Kota Serang. 3) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap penerapan akad Ijarah dan manajemen risiko pada produk pembiayaan multijasa di Kopsyah BMI cabang Cipocok Kota Serang. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui penerapan akad Ijarah pada produk pembiayaan multijasa di Kopsyah BMI Cabang Cipocok Kota Serang. 2) Untuk mengetahui manajemen risiko pada produk pembiayaan multijasa di Kopsyah BMI Cabang Cipocok Kota Serang. 3) Untuk mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap penerapan akad Ijarah dan manajemen risiko pada produk pembiayaan multijasa di Kopsyah BMI Cabang Cipocok Kota Serang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian lapangan field research. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan hasil teknik pengolahan data setelah dibaca, dipelajari, dan ditelaah terhimpun dari hasil wawancara dan catatan lapangan. Kemudian dilakukan reduksi data yang dilakukan dengan cara abstraksi. Kesimpulan yang dapat diambil adalah: 1) Pada praktiknya akad Ijarah pada produk pembiayaan multijasa disini bukanlah menyewakan barang untuk diambil manfaat atau jasa hasil kerja seseorang untuk diberikan upah. Namun hanya memberikan sejumlah dana yang telah disepakati oleh kedua belah pihak untuk modal usaha. 2) Untuk penerapan manajemen risiko pada pembiayaan multijasa yang dilakukan dengan cara uji kelayakan untuk melihat karakteristik calon anggota melalui survey kerumah masing-masing anggota atau calon anggota pembiayaan multijasa, kemudian melakukan proses identifikasi risiko, pengukuran risiko, pemantauan risiko, dan pengendalian risiko. Selain itu, Kopsyah BMI cabang Cipocok menerapkan prinsip 5C+1S pada tahap identifikasi risiko. 3) Jika ditinjau dari hukum Islam, penerapan akad Ijarah pada produk pembiayaan multijasa dalam segi praktiknya belum sepenuhnya memenuhi ketentuan syara’, karena ada syarat Ijarah yang belum terpenuhi yaitu harus adanya barang atau jasa yang akan disewakan. Namun, pada praktik penerapan manajemen risikonya sangat diperbolehkan karena sudah memenuhi dan tidak menyimpang sesuai dengan ketentuan syara’.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Akad Ijarah, Pembiayaan Multijasa, Manajemen Risiko
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi > 334 Koperasi
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 02 Aug 2023 08:52
Perubahan Terakhir: 02 Aug 2023 08:52
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12803

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.