Analisis Tabungan Wadi’ah (Studi Kasus di PAUD Ar-Rohman Kecamatan Kemiri Kabupaten Tangerang)

Nupus, Siti Nurhayati (2023) Analisis Tabungan Wadi’ah (Studi Kasus di PAUD Ar-Rohman Kecamatan Kemiri Kabupaten Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HES_191130105_COVER.pdf

Download (264kB)
[img] Teks
S_HES_191130105_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (704kB)
[img] Teks
S_HES_191130105_BAB I.pdf

Download (615kB)
[img] Teks
S_HES_191130105_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (418kB)
[img] Teks
S_HES_191130105_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (1MB)
[img] Teks
S_HES_191130105_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (715kB)
[img] Teks
S_HES_191130105_BAB V.pdf

Download (251kB)
[img] Teks
S_HES_191130105_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (658kB)

Abstrak

Wadi’ah berarti titipan murni (amanah) dari satu pihak ke pihak yang lain, baik individu maupun badan hukum, yang harus dijaga dan dikembalikan kapanpun ketika si penitip menghendakinya. Sistem tabungan wadi’ah yang dilaksanakan di PAUD Ar-Rohman terdapat permasalahan, yakni pada awal akad orang tua dan guru sudah mufakat untuk melakukan kegiatan menabung, akan tetapi ketika ada salah satu orang tua murid yang hendak melakukan penarikan uang tabungan sebelum akhir tahun ajaran pihak guru tidak memberikannya dan memberitahu bahwa tabungan yang sudah berjalan hanya bisa diambil saat akhir tahun ajaran. Perumusan masalahnya adalah: 1) Bagaimana sistem tabungan wadi’ah di PAUD Ar-Rohman Kecamatan Kemiri Kabupaten Tangerang? 2) Bagaimana Tinjauan Hukum Islam Terhadap tabungan wadi’ah di PAUD Ar-Rohman Kecamatan Kemiri Kabupaten Tangerang? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui sistem tabungan wadi’ah di PAUD Ar-Rohman Kecamatan Kemiri Kabupaten Tangerang. 2) Untuk mengetahui Pandangan Hukum Islam terhadap tabungan wadi’ah di PAUD Ar-Rohman Kecamatan Kemiri Kabupaten Tangerang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field Reseach). Metode penelitian yang di gunakan yaitu metode penelitian hukum empiris. Teknik Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian seluruh data dianalisis secara induktif. Berdasarkan penelitian dapat ditarik kesimpulannya bahwa 1) PAUD Ar-Rohman saat awal akad antara guru dan orang tua bersepakat bersama untuk mengadakan kegiatan menabung di sekolah dengan prinsip wadi’ah yaitu hanya titipan saja, akan tetapi uang tabungan tersebut tidak dapat ditarik sewaktu-waktu, melainkan hanya dapat ditarik ketika akhir tahun ajaran. Dengan adanya ketentuan tersebut membuat sebagian orang tua merasa keberatan. 2) Analisis Tabungan wadi’ah yang ada di PAUD Ar-Rohman sudah sesuai dengan rukun dan syarat akad wadi’ah. Tetapi dalam pelaksanaan transaksi menabung diketahui bahwa tidak adanya kesepakatan antara pihak sekolah dan orang tua mengenai ketentuan uang tabungan tersebut tidak dapat ditarik sewaktu-waktu, maka sighat akadnya menjadi batal. Jika di lihat dalam prinsip wadi’ah maka tabungan yang ada di PAUD Ar-Rohman tidak sesuai dengan akad wadi’ah, karena pada praktiknya uang tabungan tersebut tidak dapat ditarik sewaktu-waktu. Seharusnya jika pihak sekolah ingin membuat kebijakan mengenai uang tabungan yang tidak dapat ditarik sewaktu-waktu pada saat awal akad diberitahukan mengenai kebijakan tersebut, agar akadnya jelas dan tidak ada kesalahpahaman.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Tabungan Siswa, Wadi’ah, PAUD Ar-Rohman
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 02 Aug 2023 07:51
Perubahan Terakhir: 02 Aug 2023 07:51
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12797

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.