Praktik Gadai Bangunan/Kontrakan Secara Adat dalam Perspektif Fiqh Muamalah (Studi Kasus di Kelurahan Dadap Kecamatan Kosambi Kabupaten Tangerang)

Kartina, Dina (2023) Praktik Gadai Bangunan/Kontrakan Secara Adat dalam Perspektif Fiqh Muamalah (Studi Kasus di Kelurahan Dadap Kecamatan Kosambi Kabupaten Tangerang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HES_161130016 _COVER.pdf

Download (103kB)
[img] Teks
S_HES_161130016 _LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (656kB)
[img] Teks
S_HES_161130016 _BAB I.pdf

Download (381kB)
[img] Teks
S_HES_161130016 _BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (218kB)
[img] Teks
S_HES_161130016 _BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (407kB)
[img] Teks
S_HES_161130016 _BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (287kB)
[img] Teks
S_HES_161130016 _BAB V.pdf

Download (156kB)
[img] Teks
S_HES_161130016 _DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (466kB)

Abstrak

Penelitian skripsi ini dilatar belakangi oleh pihak pertama yang menggadaikan bangunan/kontrakan kepada pihak kedua sebagai jaminan utang, dengan pengembalian utang yang tidak ditentukan. Selama masa gadai, pihak kedua memanfaatkan jaminan gadai dengan menggadaikan kembali jaminan gadai tersebut kepada pihak ketiga. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka perumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah: 1) bagaimana praktik gadai bangunan/kontrakan secara adat yang terjadi di Kelurahan Dadap Kecamatan Kosambi Kabupaten Tangerang. 2) bagaimana praktik pemanfaatan gadai bangunan/kontrakan secara adat yang terjadi di Kelurahan Dadap Kecamatan Kosambi Kabupaten Tangerang dalam perspektif fiqh muamalah. Penelitian skripsi ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui bagaimana praktik gadai bangunan/kontrakan secara adat yang terjadi di Kelurahan Dadap Kecamatan Kosambi Kabupaten Tangerang. 2) untuk menganalisis praktik pemanfaatan gadai bangunan/kontrakan secara adat yang terjadi di Kelurahan Dadap Kecamatan Kosambi Kabupaten Tangerang dalam perspektif fiqh muamalah. Untuk melakukan penelitian dan mencari data terkait dengan skripsi ini, penulis menggunakan metode pendekatan yuridis empiris. Adapun langkah-langkah penelitian yang ditempuh adalah observasi, pengumpulan data, penentuan sumber data, serta pengolahan data. Adapun cara untuk mengumpulkan datanya adalah wawancara, dokumentasi dan sumber-sumber pustaka yang sesuai dengan pembahasan skripsi ini. Kesimpulan: 1) praktik gadai yang terjadi di Kelurahan Dadap Kecamatan Kosambi Kabupaten Tangerang yakni, calon rahin membuat penawaran kepada calon murtahin dengan menjaminkan bangunan/kontrakan. Tidak ada syarat khusus dalam gadai tersebut, tetapi ada bukti pembayaran berupa kwitansi bermaterai. Rahin dan murtahin melakukan gadai hanya menggunakan ucapan atau lisan dan tidak ditentukan jangka waktu, serta dihadiri oleh saksi. Akhir gadai dalam gadai ini dengan adanya pengembalian sejumlah uang (marhun bih) kepada murtahin dan pengembalian jaminan gadai (marhun) kepada rahin. Masyarakat Kelurahan Dadap menyelesaikan sengketa dengan cara bermusyawarah dengan pihak RT, RW atau pihak-pihak yang berwenang di daerah setempat. Selama masa gadai, murtahin menggadaikan kembali marhun kepada pihak ketiga. 2) praktik pemanfaatan gadai bangunan/kontrakan secara adat yang terjadi di Kelurahan Dadap Kecamatan Kosambi Kabupaten Tangerang tidak sesuai dengan ketentuan dalam fiqh muamalah hal ini berdasarkan pendapat jumhur ulama, yakni melarang mamanfaatkan marhun karena mengandung unsur riba. Sedangkan izin atau persetujuan tidak menghalalkan riba, dan marhun hanya sebagai jaminan utang. Tetapi, menurut sebagian ulama lain, berpendapat bahwa boleh memanfaatkan marhun apabila mendapatkan izin dari rahin, tanpa disyaratkan pada saat akad berlangsung. Dan murtahin boleh mengambil manfaat marhun sebagai ganti biaya perawatan marhun.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Pemanfaatan, Gadai Adat, Fiqh Muamalah
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 02 Aug 2023 06:30
Perubahan Terakhir: 02 Aug 2023 06:30
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12787

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.