Analisis Hukum Islam Terhadap Praktik Akad Salam dalam Jual Beli Pakaian dengan Sistem Timbangan (Studi Online Tiktok Shop@mooishopp)

Sintawati, Sintawati (2023) Analisis Hukum Islam Terhadap Praktik Akad Salam dalam Jual Beli Pakaian dengan Sistem Timbangan (Studi Online Tiktok Shop@mooishopp). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HES_191130012_COVER.pdf

Download (203kB)
[img] Teks
S_HES_191130012_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Teks
S_HES_191130012_BAB I.pdf

Download (692kB)
[img] Teks
S_HES_191130012_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (987kB)
[img] Teks
S_HES_191130012_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (684kB)
[img] Teks
S_HES_191130012_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (942kB)
[img] Teks
S_HES_191130012_BAB V.pdf

Download (439kB)
[img] Teks
S_HES_191130012_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (944kB)

Abstrak

Jual beli merupakan salah satu bentuk adanya interaksi sesama manusia, sebagai usaha bagi manusia tersebut untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Dalam ajaran Islam jual beli harus sesuai dengan syariat Islam. baik dari segi syarat dan rukunnya. Jual beli yang tidak memenuhi syarat dan rukun jual beli akan berakibat tidak sahnya jual beli yang dilakukan. jual beli pakain dengan sistem timbangan merupakan jual beli yang belum pernah ada sebelumnya, dan jual beli ini dilakukan dengan cara kita membeli paket usaha di akun tiktokshop @mooishopp seharga Rp.99.000.- perkilo gram pakaian tersebut lalu admin atau owner menimbang terlebih dahulu pakaian yang akan dibeli, di dalam 1 kilogram pakaian tersebut pasti ada yang kualitasnya kurang bagus. Hal ini karena dalam jual beli pakaian dengan sistem timbangan pakaian tersebut dipilih secara random (acak). Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah : 1). Bagaimana Analisis Jual Beli Pakaian dengan Sistem Timbangan pada Akun Tiktokshop @mooishopp? 2). Bagaimana Analisis Hukum Islam Terhadap Jual Beli Pakaian dengan Sistem Timbangan pada Akun Tiktokshop @mooishopp? Tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk Mengatahui Analisis Jual Beli Pakaian dengan Sistem Timbangan. 2). Untuk Mengetahui Analisis Hukum Islam Terhadap Jual Beli Pakaian dengan Sistem Timbangan pada Pkun Tiktok Shop@mooishopp) Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yaitu menggambarkan kondisi, situasi atau fenomena tentang data yang diperoleh. Metode yang digunakan adalah metode wawancara dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan menggunakan pola pikir induktif, yakni dengan menjelaskan terlebih dahulu tentang kenyataan-kenyataan yang terjadi di lapangan. Setelah itu dihubungkan dengan teori hukum Islam. Berdasarkan hasil analisis penelitian, kiranya dapat dikemukakan bahwa, Praktik jual beli pakaian pada akun TiktokShopp @Mooishopp tidak memenuhi syarat jual beli akad salam secara sempurna Serta khiyar aib pada pelaksanaan transaksi jual beli dengan sistem timbangan pada akun TiktokShop @Mooishopp dan tidak sesuai dengan hukum Islam. Sebab pada akun TiktokShop @Mooishopp terdapat ketidakjelasan spesifikasi barang, kualitas, kuantitas, watu pengiriman dan kepastian jumlah pakaian yang kita dapatkan. Dari hal tersebut dapat menjadikan jual beli seperti itu termasuk kedalam jual beli gharar, karena gharar merupakan ketidakpastian barang yang diperjualbelikan, yang menjadikan tidak diperbolehkannya dalam jual beli

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Jual Beli, Pakaian, Timbangan, Analisis Hukum Islam
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual beli
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 02 Aug 2023 04:21
Perubahan Terakhir: 02 Aug 2023 04:21
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12784

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.