Implementasi Akad Wadiah pada Produk Tabungan Easy Wadi'ah di Bank Syariah Indonesia KCP Labuan

Mu'adi, Mu'adi (2023) Implementasi Akad Wadiah pada Produk Tabungan Easy Wadi'ah di Bank Syariah Indonesia KCP Labuan. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HES_191130045_COVER.pdf

Download (86kB)
[img] Teks
S_HES_191130045_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (488kB)
[img] Teks
S_HES_191130045_BAB I.pdf

Download (289kB)
[img] Teks
S_HES_191130045_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (478kB)
[img] Teks
S_HES_191130045_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (403kB)
[img] Teks
S_HES_191130045_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (241kB)
[img] Teks
S_HES_191130045_BAB V.pdf

Download (54kB)
[img] Teks
S_HES_191130045_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (223kB)

Abstrak

Tabungan easy wadiah banyak kekuatan dalam hal menarik para nasabah untuk minat dan menggunakan suatu produk, salah satu contohnya bebas dari riba (bunga). Bunga adalah suatu keuntungan yang didapatkan ketika melakukan transaksi yang berupa jasa. Hadiah pemberian juga adalah hal yang sangat menguntungkan bagi yang mendapatkannya. Akan tetapi dengan adanya kekuatan, tidak menutup kemungkinan bank syariah sewaktu-waktu dimana nantinya akan sedikit demi sedikit nasabah berkurang jumlahnya. Dengan adanya hal ini, perlu sangat diteliti dan ditelaah lebih dalam, yaitu kelemahannya, berbagai hal yang bisa mengancam pada produk tabungan ini. Perlu adanya pengimplementasian dan tinjauan hukum Islam terkait akad wadiah pada produk tabungan easy wadiah Bank Syariah Indonesia KCP Labuan. Berdasarkan hasil pemaparan di atas, maka penulis dapat merumuskan permasalahan penelitian ini sebagai berikut: 1.) bagaimana penerapan akad wadiah pada produk tabungan easy wadiah pada BSI KCP Labuan? 2.) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap pemberian hadiah dalam promosi produk tabungan easy wadiah Bank Syariah Indonesia KCP Labuan? Adapun penelitian ini bertujuan untuk: 1.) Mengetahui penerapan akad wadiah pada produk tabungan easy wadiah Bank Syariah Indonesia KCP Labuan. 2.) Mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap pemberian hadiah dalam promosi produk tabungan easy wadiah Bank Syariah Indonesia KCP Labuan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif-empiris yang bersifat deskriptif-analisis melalui penelitian lapangan (field research). Metode penelitian kualitatif-empiris merupakan metode penelitian yang dalam hal ini menggabungkan unsur hukum empiris yang kemudian didukung dengan penambahan data dari lapangan (wawancara dengan karyawan dan nasabah BSI KCP Labuan) dan dipadukan dengan data sekunder (buku, jurnal dan Fatwa DSN-MUI). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: implementasi pada fatwa atau ketentuan mengenai praktik produk Tabungan Easy Wadi’ah belum sejalan. Adapun mekanisme yang terdapat pada Fatwa No. 86/DSN-MUI/XII/2012 tentang pemberian hadiah belum diterapkan di BSI KCP Labuan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Akad Wadiah, Tabungan Easy Wadiah, Bank Syariah Indonesia
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.27 Bank
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 02 Aug 2023 03:22
Perubahan Terakhir: 02 Aug 2023 03:22
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12779

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.