Implementasi Akad Mudharabah pada Pembiayaan Koperasi Syariah (Studi Kasus di Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia Cabang Menes)

Fatmawati, Siti (2023) Implementasi Akad Mudharabah pada Pembiayaan Koperasi Syariah (Studi Kasus di Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia Cabang Menes). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HES_171130201_COVER.pdf

Download (109kB)
[img] Teks
S_HES_171130201_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (472kB)
[img] Teks
S_HES_171130201_BAB I.pdf

Download (434kB)
[img] Teks
S_HES_171130201_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (377kB)
[img] Teks
S_HES_171130201_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (562kB)
[img] Teks
S_HES_171130201_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (250kB)
[img] Teks
S_HES_171130201_BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Teks
S_HES_171130201_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (222kB)

Abstrak

Permasalahan pada produk pembiayaan akad mudharabah adalah seringnya terdapat masalah bagi hasil, di mana pembayaran yang disepakati selalu terlambat, dan tidak adanya pengawasan manajemen yang efektif untuk menjaga agar keuntungan usaha tetap terkendali. Usaha yang didirikan anggota kebanyakan tergolong usaha kecil menengah jadi sering ditemui usaha tanpa pembukuan yang jelas, namun demikian tak menjadi alasan untuk menghambat pertumbuhan koperasi. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini akan menggali bagaimana iimplementasi iakad imudharabah ipada pembiayaan iKoperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia cabang Menes serta bagaimana mekanisme sistem bagi hasil pada pembiayaan akad mudharabah di iKoperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia cabang Menes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana iimplementasi iakad imudharabah ipada pembiayaan iKoperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia cabang Menes serta untuk mengetahui mekanisme sistem bagi hasil pada pembiayaan akad mudharabah di iKoperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia cabang Menes Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dan lisan dari perilaku responden atau narasumber yang diamati. Pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah iKoperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia cabang Menes. Implementasi akad mudharabah pada produk pembiayaan di Koperasi Syariah Benteng Mikro Indonesia (BMI) Cabang Menes dilaksanakan dengan beberapa prosedur. Untuk melakukan pembiayaan pada koperasi syariah BMI harus melalui beberapa tahapan yaitu: mendaftarkan diri menjadi anggota, mengikuti kumpulan pada rembug pusat, dilakukan pendataan oleh petugas koperasi, melakukan uji kelayakan, dan pencairan dengan waktu maksimal satu minggu setelah uji kelayakan. Adapun akad yang digunakan yaitu akad Mudharabah muthlaqah yang artinya bentuk kerja sama antara pemilik dana (shahibul maal) dan pengelola dana (mudharib) yang cakupannya sangat luas dan tidak dibatasi oleh spesifikasi jenis usaha, waktu, dan daerah bisnis. Koperasi syariah BMI sebagai penyedia dana (shahibul maal), dan anggota sebagai pelaku usaha (mudharib). Mekanisme bagi hasil pada koperasi syariah BMI dilakukan sesuai dengan persentase masing-masing tahapan mulai dari 2% sampai dengan 1,75% per bulan. Jumlah persentase ini bersifat tetap dan tidak bisa berubah. Adapun persentasenya diambil dari jumlah pembiayaan yang diberikan.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Implementasi, Akad, Mudharabah, Koperasi Syariah
Subjek: 300 Ilmu Sosial, Sosiologi & Antropologi > 330 Ekonomi > 334 Koperasi
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 01 Aug 2023 08:03
Perubahan Terakhir: 01 Aug 2023 08:03
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12774

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.