Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Arisan Sistem Iuran Berkembang (Studi Kasus di Desa Kubangkondang Kecamatan Cisata Kabupaten Pandeglang)

Salsabila, Alpin (2023) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Arisan Sistem Iuran Berkembang (Studi Kasus di Desa Kubangkondang Kecamatan Cisata Kabupaten Pandeglang). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HES_181130116_Cover.pdf

Download (108kB)
[img] Teks
S_HES_181130116_Lampiran Depan.pdf

Download (385kB)
[img] Teks
S_HES_181130116_Bab I.pdf

Download (413kB)
[img] Teks
S_HES_181130116_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (492kB)
[img] Teks
S_HES_181130116_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (174kB)
[img] Teks
S_HES_181130116_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (348kB)
[img] Teks
S_HES_181130116_Bab V.pdf

Download (91kB)
[img] Teks
S_HES_181130116_Daftar Pustaka.pdf

Download (214kB)

Abstrak

Bermuamalah adalah salah satu bentuk kemudahan bagi manusia untuk memenuhi segala sesuatu yang berhubungan dengan kebutuhan hidupnya sehari-hari. Dalam berhubungan muamalah pastinya tidak lepas dari yang namanya akad. Dalam dunia usaha atau bisnis, akad memiliki posisi yang sangat penting dan menjadi dasar berjalannya suatu usaha. Tujuan syari’at Islam adalah untuk mewujudkan kemaslahatan manusia di setiap tempat dan masa, khususnya kemaslahatan yang lahir dari kebutuhan manusia. Di antara sarana muamalah sebagai memenuhi kebutuhan materi dewasa ini banyak digunakan oleh sebagian masyarakat adalah arisan. arisan juga merupakan wadah atau tempat untuk bersosialisasi, dan wadah untuk pinjam meminjam uang dalam rangka saling membantu. namun,seiring perkembangan zaman, bentuk arisan memiliki banyak macam dan memiliki tujuan komersil yang terkadang merugikan anggota arisan. berdasarkan latar belakang diatas, perumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mencari tahu; 1). Bagaimana mekanisme praktik arisan iuran berkembang di Desa Kubangkondang Keamatan Cisata Kabupaten Pandeglang?, 2). Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap praktik arisan iuran di Desa Kubangkondang Keamatan Cisata Kabupaten Pandeglang? Tujuan Penelitian ini adalah; 1). Untuk mengetahui mekanisme praktik arisan iuran berkembang di Desa Kubangkondang Keamatan Cisata Kabupaten Pandeglang, 2). Untuk mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap praktik arisan iuran di Desa Kubangkondang Keamatan Cisata Kabupaten Pandeglang Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif. data yang diperoleh oleh penulis menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilakukan di Desa Kubangkondang Kecamatan Cisata Kabupaten Pandeglang. Kegiatan arisan di Desa Kubangkondang Kecamatan Cisata menerapkan sistem iuran berkembang dimana setiap anggota wajib menambahkan jumlah iuran saat arisan di undi. Iuran tambahan diberlakukan ketika akan mengadakan undian bagi pemenang kedua. Hal ini dianggap wajar karena iuran tambahan dianggap sebagai mengganti waktu menunggu pengundian arisan. arisan dengan sistem iuran berkembang tersebut sudah menjadi kesepakatan awal yang wajib dibayar oleh seluruh anggota arisan, maka hal ini termasuk riba. Kecuali apabila tambahan tersebut dilakukan secara sukareka dan tidak atas dasar perjanjian akad. kegiatan arisan dengan sistem iuran berkembang di Desa kubangkondang kecamatan cisata kabupaten pandeglang tidak sesuai syari'at Islam. Namun, jika diihat dari mekanismenya, kegiatan arisan tersebut sama halnya dengan pinjam meminjam dan terdapat kesesuaian dengan akad qardh. kegiatan arisan iuran berkembang sudah memenuhi legalitas perjanjian arisan menurut pasal 1320 KUHPer yaitu adanya kesepakatan, adanya kausa yang halal, adanya objek atau hal tertentu, dan Kecakapan Untuk Melakukan Perbuatan Hukum. Namun, perjanjian pinjam meminjam uang tidak berdasarkan perjanjian tertulis.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Subjek: 2x4 Fiqh
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 01 Aug 2023 06:54
Perubahan Terakhir: 01 Aug 2023 06:54
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12764

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.