Implementasi Khiyar ‘Aib pada Transaksi Jual Beli Produk Fashion Muslim di Butik Inayah Menurut Hukum Islam

Safera, Nurul (2023) Implementasi Khiyar ‘Aib pada Transaksi Jual Beli Produk Fashion Muslim di Butik Inayah Menurut Hukum Islam. Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HES_191130176_Cover.pdf

Download (58kB)
[img] Teks
S_HES_191130176_Lampiran Depan.pdf

Download (651kB)
[img] Teks
S_HES_191130176_Bab I.pdf

Download (450kB)
[img] Teks
S_HES_191130176_Bab II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (235kB)
[img] Teks
S_HES_191130176_Bab III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (371kB)
[img] Teks
S_HES_191130176_Bab IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (357kB)
[img] Teks
S_HES_191130176_Bab V.pdf

Download (132kB)
[img] Teks
S_HES_191130176_Daftar Pustaka.pdf

Download (698kB)

Abstrak

Khiyar ‘aib merupakan hak pilihan jika barang atau produk yang ditemukan cacat atau tidak sesuai dengan harapan pelanggan, pembeli berhak untuk mengakhiri perjanjian jual beli. Permasalahan khiyar ‘aib yang ditemukan oleh peneliti salah satunya di Butik Inayah, dimana saat customer melakukan pengembalian produk yang terdapat cacat, penjual tidak dapat bertanggung jawab dengan alasan barang tersebut sudah tidak seperti barang pada umumnya yang memiliki bau khas toko walaupun masih terdapat hangtag atau label. Berdasarkan uraian di atas, peneliti tertarik untuk mengetahui praktik khiyar ‘aib dalam aktivitas ekonomi yang terjadi pada masyarakat pada transaksi jual beli di Butik Inayah. Berdasarkan latar belakang diatas, perumusan masalah dalam penelitian ini, adalah: 1) Bagaimana praktik khiyar ‘aib pada jual beli produk fashion muslim di Butik Inayah?. 2) Bagaimana ketentuan dan syarat khiyar ‘aib pada jual beli produk fashion muslim di Butik Inayah?. 3) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap implementasi khiyar ‘aib pada transaksi jual beli produk fashion muslim di Butik Inayah? Penelitian ini bertujuan untuk 1) Untuk mengetahui praktik khiyar ‘aib pada jual beli produk fashion muslim di Butik Inayah. 2) Untuk mengetahui ketentuan dan syarat khiyar ‘aib pada jual beli produk fashion muslim di Butik Inayah. 3) Untuk mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap implementasi khiyar ‘aib pada transaksi jual beli produk fashion muslim di Butik Inayah. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisisnya menggunakan teknik analisis menurut Miles dan Huberman, yaitu tahap pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan verivikasi (confusion drawing/verivication). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Praktik khiyar ‘aib di Butik Inayah dalam transaksi merujuk pada hak pembeli belum sepenuhnya sesuai. Karena, pihak penjual dalam aplikasi khiyar ‘aib tidak bertanggung jawab dengan beberapa alasan yang dianggap tepat oleh pihak toko. 2) Terdapat beberapa ketentuan dan syarat khiyar ‘aib yang belum sepenuhnya terpenuhi. Salah satu syarat yang belum terpenuhi adalah tidak adanya jaminan kepada konsumen untuk mengganti produk yang rusak atau tidak sesuai dengan harapan hanya dengan alasan produk tersebut sudah tidak sedap bau toko pada umumnya. 3) Perspektif hukum Islam, implementasi khiyar ‘aib yang tidak sesuai dengan syarat-syarat yang telah ditetapkan dapat dianggap tidak sepenuhnya syariat.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): Implementasi, Khiyar ‘aib, Transaksi Jual Beli, Butik Inayah, Hukum Islam
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.2 Muamalah > 2x4.21 Jual beli
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Ekonomi Syari'ah
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 01 Aug 2023 06:43
Perubahan Terakhir: 01 Aug 2023 06:43
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12763

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.