Strategi BP4 dalam Meminimalisir Angka Perceraian Karena Pernikahan Dini (Studi Kasus di BP4 KUA Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang Banten)

Putri, Kamilia (2023) Strategi BP4 dalam Meminimalisir Angka Perceraian Karena Pernikahan Dini (Studi Kasus di BP4 KUA Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang Banten). Diploma atau S1 thesis, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten.

[img] Teks
S_HKI_191110119_COVER.pdf

Download (192kB)
[img] Teks
S_HKI_191110119_LAMPIRAN DEPAN.pdf

Download (594kB)
[img] Teks
S_HKI_191110119_BAB I.pdf

Download (639kB)
[img] Teks
S_HKI_191110119_BAB II.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (323kB)
[img] Teks
S_HKI_191110119_BAB III.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (597kB)
[img] Teks
S_HKI_191110119_BAB IV.pdf
Restricted to Hanya staf repositori

Download (564kB)
[img] Teks
S_HKI_191110119_BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Teks
S_HKI_191110119_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstrak

Pernikahan merupakan sunnatullah yang berlaku pada setiap manusia. Setiap individu berkeinginan mewujudkan keluarga yang sakinah, mawaddah dan warahmah. Tetapi, pada kenyataannya dalam mewujudkan hal tersebut bukanlah hal yang mudah, karena banyak permasalahan yang timbul dan mengganggu bahtera rumah tangga yang akhirnya berujung pada perceraian, dalam menangani problem rumah tangga, strategi BP4 sangat penting sebagai mediator untuk mencegah agar tidak terjadi perceraian terutama pada pernikahan dini. Perumusan masalah dari penelitian ini adalah: 1) Apa Faktor Penyebab Terjadinya Pernikahan Dini di Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang Banten? 2) Bagaimana Strategi BP4 dalam Meminimalisir Angka Perceraian Karena Pernikahan Dini di BP4 KUA Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang Banten? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk Mengetahui Faktor Penyebab Terjadinya Pernikahan Dini di Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang Banten. 2) Untuk Mengetahui Strategi BP4 dalam Meminimalisir Angka Perceraian Karena Pernikahan Dini di BP4 KUA Kecamatan Cipondoh Kota Tangerang Banten. Metode penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan empiris, dengan analisis sumber data yaitu data primer yang diperoleh dari wawancara kepada BP4 KUA kecamatan Cipondoh Kota Tangerang Banten, pasangan suami istri yang melakukan perceraian karena pernikahan dini serta masyarakat lainnya yang melakukan pernikahan dini di kecamatan Cipondoh, data sekunder diperoleh dari buku-buku dan jurnal yang relevan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan: 1) Ada beberapa faktor penyebab terjadinya pernikahan dini di kecamatan Cipondoh Kota Tangerang Banten. Faktor tersebut meliputi, pergaulan bebas, media sosial, lingkungan, pemikiran tidak matang, faktor ekonomi, orang tua, kecelakaan (married by accident), melanggengkan hubungan, tradisi keluarga, kebiasaan adat istiadat setempat, perjodohan dan faktor sosial. Dalam hal ini BP4 membenarkan bahwa beberapa poin tersebut merupakan faktor yang melatar belakangi terjadinya pernikahan dini di kecamatan Cipondoh. 2) Strategi BP4 dalam meminimalisir angka perceraian karena pernikahan dini di kecamatan Cipondoh Kota Tangerang Banten sejauh ini masih terus berupaya untuk memaksimalkan proses berjalannya strategi BP4 di kecamatan Cipondoh. Dalam hal ini, sering kali mendapati beberapa kendala sehingga mengakibatkan strategi tersebut tidak maksimal, karena berhasil tidaknya upaya strategi juga sangat ditentukan oleh peran yang ditampilkan oleh BP4.

Tipe Item/Data: Skripsi/Tesis/Disertasi (Diploma atau S1)
Kata Kunci (keywords): BP4, Angka Perceraian, Pernikahan Dini
Subjek: 2x4 Fiqh > 2x4.3 Hukum Perkawinan / Munakahat > 2x4.33 Putusnya perkawinan
Divisi: Fakultas Syari'ah > Hukum Keluarga
User Penyetor: S.S.I Fadhilah Nurinsani Hidayat
Tanggal Disetorkan: 31 Jul 2023 07:34
Perubahan Terakhir: 31 Jul 2023 07:34
URI: http://repository.uinbanten.ac.id/id/eprint/12747

Actions (login required)

Lihat Item Lihat Item

      is powered by EPrints 3 which is developed by the Islamic Institutional Repository UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. More information and software credits.